Honda Civic Type R Kembali Ukir Rekor Sebagai Mobil FWD Terkencang

Honda Bintang – Rangkaian Type R Challenge 2018 berlanjut ke sirkuit Spa-Francorchamps di Belgia. Sirkuit ini merupakan salah satu dari lima sirkuit yang ingin ditaklukkan oleh Honda dengan Civic Type R untuk mencengkram gelar atas rekor mobil Front Wheel Drive (FWD) tercepat.

Dikutip dari OtoDriver.com (01/07) Sekarang giliran Bertrand Baguette bertindak sebagai pilot di balik kokpit Honda Civic Type R. Mantan juara dunia FIA WEC LMP2 itu, berhasil memperoleh waktu secepat 2 menit dan 53,72 detik untuk mengitari trek sepanjang 7,004 km.

Catatan waktunya tersebut langsung menjadi rekor bagi mobil FWD di Spa-Francorchamps. Baguette sangat memuji performa Civic Type R. Menurutnya, Type R terlahir untuk pemakaian di sirkuit, tapi juga terasa nyaman untuk pemakaian harian.

“Ketika saya duduk di dalam mobil (Civic Type R), sangat nyaman dan visibilitas sekeliling sangat bagus,” ujarnya yang dikutip dari Carscoops.

Apresiasi tinggi juga dialamatkan pada sasis Type R, serta keseimbangan dan feedback kemudi. Traksi ban turut masuk dalam catatan utama Baguette, mengingat mobil ini menganut penggerak depan dan memakai ban standar bawaan pabrik.

 

 

Ini adalah ketiga kalinya rekor yang dicetak oleh Civic Type R. Rekor pertama diukir di sirkuit Nürburgring Nordschleife, Jerman. Trek legendaris yang acap kali dijadikan pusat pengembangan mobil sport, diputari secepat 7 menit dan 43,8 detik. Mobil penggerak FWD tercepat pun layak disandangnya.

Rekor kedua tercipta sebulan lalu di sirkuit Magny-Cours, Prancis. Pembalap FIA World Touring Car Cup, Esteban Guerrieri, mencatatkan waktu 2 menit dan 1,51 detik di atas trek sepanjang 4,4 km.

Dengan demikian, masih ada 3 sirkuit Eropa lain yang bakal ditaklukkan Civic Type R di tantangan Type R Challenge 2018, yaitu: Sirkuit Estoril di Portugal, Hungaroring di Hungaria dan sirkuit Silverstone di Inggris. Pembalap tersisa ada, Jenson Button, Tiago Monteiro dan Matt Neal.

Civic Type R yang digunakan untuk mencatat rekor ini tetap dalam keadaan standar tanpa ada modifikas yang ditenagai mesin 4-silinder 2.000 cc turbo yang mampu menghasilkan 316 dk dengan torsi 400 Nm. Transmisi pasangannya manual 6-percepatan. Klaim akselerasi 0-100 km/jam dalam 5,7 detik dan kecepatan puncaknya 272 km/jam

Comments

mood_bad
  • No comments yet.
  • Add a comment