Apa Arti Simbol di Dashboard Mobil, Berikut Penjelasannya

Hondabintang.com – Ketika ingin melakukan perjalanan saat masuk ke dalam mobil, pasti para pengemudi melihat ada simbol-simbol di dalam dasbor menyala. Simbol tersebut menyala sebelum mobil distarter.

Biasanya ada empat simbol hingga lima simbol menyala sebelum mobil di starter namun itu berbeda-beda tergantung pabrikannya, Untuk mobil-mobil mewah nan canggih bisa jadi ada 10 lampu simbol menyala di waktu yang sama.

Simbol-simbol tersebut muncul dengan waktu yang tidak lama. Usai mobil distarter, normalnya tidak ada lampu simbol yang menyala lagi. Tapi ada juga kondisi tertentu yang membuat lampu simbol menyala. Nah sahabat Honda sudah tahu belum apa artinya simbol-simbol di dalam dasbor mobil tersebut?

Berikut dikutip dari situs Autoindustriya, Minggu (14/7/2019) beberapa arti simbol menyala di dalam dasbor mobil :

1. Simbol pengecekan mesin

Simbol diatas merupakan Check Engine Light yaitu simbol yang terdapat pada mobil lama ataupun baru. Bentuk dan warnanya tergantung dari para pabrikan. Jika simbol ini menyala terus-terusan artinya ada sesuatu yang masalah pada mesin mobil.

Masalahnya pun bisa beragam misalnya soket aliran udara yang terputus, sensor oksigen rusak, atau mesin rusak sekalipun membuat simbol CEL ini menyala.

Apabila simbol CEL menyala, Anda bisa membawa mobil ke bengkel untuk mengecek pastinya kerusakan apa yang terjadi. Dengan begitu kerusakan mesin bisa lebih cepat teratasi.

2. Simbol Aki

Simbol ini memiliki gambar layaknya sebuah aki dengan tanda plus dan minus. Untuk hal ini perlu berhati-hati ketika lampu ini menyala. Karena mengindikasikan kalau ada yang salah dengan kelistrikan mobil.

Saat simbol lampu aki ada baiknya untuk mengecek aki dan juga alternatornya. Bisa jadi aki sudah tua dan tak bisa mengisi daya. Atau
bisa juga sabuk alternatornya terputus. Lebih buruknya alternator tak berfungsi sehingga hanya aki yang menyala.

3. Simbol temperatur

Tak semua mobil jaman sekarang dibekali lampu simbol yang menandakan kondisi temperatur di dalam mobil. Bentuk simbol mirip dengan pengukur suhu pada umumnya.

Ketika menyalakan mobil, jika simbol tempertatur berwarna biru menunjukan mobil belum siap sepenuhnya digunakan dan sebaiknya dipanaskan terlebih dahulu. Biasanya simbol berwarna biru itu hanya menyala dalam waktu singkat dan akan hilang saat mobil sudah panas.

Yang membutuhkan perhatian yang ekstra adalah saat ketika simbol temperatur menyala berwarna merah. Itu menandakan mobil overheating. Apa yang harus dilakukan ketika simbol temperatur menyala berwarna merah? Berhentilah berkendara. Ini mungkin mobil tak memiiliki air atau pendingin di dalam sistem.

4. Simbol Tekanan Oli

Pada simbol ini berbentuk seperti corong yang diujungnya terdapat seperti gambar tetesan air. Jika simbol menyala bisa jadi ada kerusakan pada mesin khususnya oli mesin.

Mobil bisa saja kekurangan oli sehingga mengingatkan pengendara untuk diisi. Namun jika simbol tak kunjung pada sebaiknya dibawa ke bengkel

5. Simbol ABS

Pada simbol ini biasanya hanya menyala dalam waktu sekejap. Tapi kalau simbol ABS menyala saat mobil dikendarai bisa jadi ABS mobil bermasalah. Kalau sudah begini ada baiknya Anda untuk lebih berhati-hati ketika menyetir karena tanpa ABS mobil bisa kehilangan kontrol saat pengereman.

6. Simbol Airbag

Pada Mobil-mobil jaman sekarang kebanyakan sudah memiliki airbag. Kalau lampu menyala terus-terusan saat berkendara kemungkinan menandakan airbag tidak mengembang saat terjadi kecelakaan. Bawa mobil ke bengkel untuk mengecek kondisinya secara pasti.

7. Simbol mengisi bensin

Simbol ini pastinya kebanyakan orang sudah tahu. Jika simbol menyala sudah pasti memberi tahukan pengendara kehabisan bensin. Segeralah cari pom bensin terdekat agar mobil terhindar dari mogok karena kehabisan bahan bakar.

8. Simbol lampu jauh


Saat berkendara di malam hari mungkin ada beberapa pengendara yang tak menyadari ketika menyalakan lampu. Jika ada simbol lampu berwarna biru di dsabor menyala artinya Anda sedang menyalakan lampu jauh.

Lampu jauh memang tak sembarangan digunakan. Lampu ini diaktifkan ketika sedang melintas di jalanan yang sekitarnya tak memiliki penerangan. Tapi jika di jalanan biasa yang penuh penerangan dan kendaraan lain melintas tentu ini sangat mengganggu penglihatan

9. Simbol rem tangan

Simbol ini berfungsi untuk memberi tahu kondisi rem tangan pada mobil aktif. Tentunya sebelum berkendara cek dulu keaktifan rem tangan. Mengendarai mobil dengan rem tangan aktif tentu dapat mengurangi performa dan akan ada bau rem yang tercium saat mobil sudah berjalan beberapa km.

10. Simbol sabuk pengaman

Simbol ini menyala untuk mengingatkan pengendara agar selalu menggunakan sabuk pengaman ketika berkendara. Sabuk pengaman merupakan salah satu keselamtan ketika berkendara.

Comments

Add a comment