Ingin Ganti Busi? Kenali 5 Jenis Busi Mobil yang Beredar

Jenis busi mobil

Honda Bintang – Busi merupakan salah satu komponen yang termasuk kedalam sistem pengapian mesin mobil. Busi berperan sebagai spark antara elektrode busi mobil di ruang bakar dan mengoptimalkan campuran udara dan bahan bakar di ruang pembakaran. Dengan demikian, piston dapat menghasilkan tenaga yang dibutuhkan untuk menggerakkan roda mobil.

Setidaknya ada 5 jenis busi mobil yang beredar di pasaran dan dapat dibeli secara bebas oleh masyarakat umum, mulai dari busi nikel (standar), busi platinum, busi iridium, busi laser iridium dan busi racing. Sepintas kelima busi tersebut memiliki bentuk yang sama hanya saja memakai bahan yang berbeda pada elektrodanya, berikut spesifikasi lengkap kelima jenis busi mobil tersebut.

1. Busi Nikel (standar)

Jenis busi nikel merupakan jenis busi standar yang sering dipakai oleh pabrikan. Salah satu alasan utama pemilihan busi berbahan nikel adalah biayanya yang murah dan masa pakainya yang cukup panjang, busi nikel bisa dipakai hingga jarak 20.000 KM. Meskipun berbahan dasar nikel, namun bagian inti elektroda yang tertutup insulator terbuat dari tembaga sehingga mampu mengantarkan arus listrik sebesar 59Ms/m. Kelemahan dari busi jenis ini adalah titik lebur tembaga yang hanya mencapai 1085 celcius dan mudah korosi, harga busi nikel (standar) sekitar 20-40 ribu/pcs.

Baca: Kehabisan Bensin? Berikut 3 Layanan Darurat yang Bisa Kamu Manfaatkan

2. Busi Platinum

Selanjutnya ada jenis busi platinum atau sering disebut juga busi semi racing. Spesifikasi busi platinum tidak jauh berbeda dengan busi nikel, hanya saja tenaga yang dihasilkan lebih responsif untuk rpm rendah dan mampu menahan panas 21 persen lebih baik. Kelebihan dari busi jenis ini adalah mampu mencegah pembentukan kerak karbon di bagian center elektroda sehingga pembakaran bisa lebih optimal. Masa pakai busi platinum bisa mencapai 30.000 KM dan dijual dengan harga 35 ribu/pcs.

3. Busi Iridium

Ketiga ada jenis busi iridium, jenis busi ini termasuk yang populer di kalangan pecinta otomtif saat ingin mengupgrade pengapain mesin mobil. Busi iridium memiliki kemampuan untuk meningkatkan akselerasi dan efisiensi bahan bakar, hal ini lantaran bentuk ujung inti elektroda yang berbentuk runcing dan hanya berukuran 0,4 mm. Dengan desain tersebut, percikan api yang dihasilkan hanya fokus pada satu titik dan stabil sehingga masa pakainya bisa lebih lama mencapai 50.000 KM. Untuk harga jenis busi iridium dibanderol seharga 285 ribu/pcs.

4. Busi Laser Iridium

Keempat ada jenis busi laser iridium, meskipun sama-sama menggunakan iridium namun ada sedikt perbedaan diantara keduanya. Jika pada busi iridium ujung elektrodanya menggunakan iridium, namun pada busi laser iridium menggunakan platinum di bagian elektroda ground nya. Meskipun demikian, jenis busi ini masih kurang populer dibanding jenis busi iridium biasa.

5. Busi Racing

Sesuai namanya, jenis busi ini dikhususkan untuk mobil balap dan tidak diperuntukkan untuk mobil pemakaian harian. Busi racing hanya cocok digunakan pada mesin berkecepatan tinggi dan bekerja pada suhu, getaran dan kompresi yang lebih tinggi. Penggunaan busi racing pada mobil harian malah akan akan merusak performa mobil karena bisa terjadi deposit karbon berlebih hingga misfiring.

Baca Juga: Cara Jumper Aki Mobil Dengan Aman

Demikian penjelasan mengenai kelebihan dan kekurangan kelima jenis busi mobil. Salah satu hal terpenting yang harus diperhatikan saat ingin mengupgrade busi mobil adalah kompresi dan kapasitas mesin mobil. Jangan sampai tingkat pengapaian busi yang tinggi tidak diimbangi dengan kapasitas mesin yang memadai begitupun sebaliknya. Untuk konsultasi dan informasi pemesanan spare part dapat menghubungi nomor dibawah ini.

Untuk konsultasi service, informasi Booking Service dan layanan Service Home Visit, Silahkan menghubungi.
Ihsan
☎️ : 087887761712 

Untuk informasi Body Repair dan layanan pickup Jabodetabek, Silahkan menghubungi.
Handoko
☎️ : 085607248417 

Untuk informasi pembelian mobil dan layanan trade in, Silahkan menghubungi.
Customer Service
☎️ : 081319700400 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *