Penyebab dan Cara Mengatasi Pedal Rem Mobil Bergetar

Penyebab dan Cara Mengatasi Pedal Rem dan Setir Mobil Bergetar

Honda Bintang – Satu-satunya cara untuk mengendalikan mobil agar tetap di jalurnya dengan menggunakan setir atau kemudi mobil. Setir mobil terhubung dengan kedua poros roda depan mobil untuk mengatur arah laju mobil agar tetap terkendali. Kendali yang nyaman ditandai dengan setir yang responsif dan tidak terasa berat saat melaju di jalanan. Namun terkadang, kerap kali pengemudi merasakan getaran pada setir dan pedal rem mobil dalam keadaan tertentu.

Getaran yang dirasakan pada setir dan pedal rem mobil bersumber dari permasalahan di bagian pengereman. Salah satu ciri khususnya adalah pedal rem akan bergetar saat diinjak dan setir mobil akan terasa bergetar saat melaju.

Baca: Layanan 24 Jam Body Repair Honda Bintang Cimone

Penyebab Setir dan Pedal Rem Mobil Bergetar

Umumnya penyebab pedal rem dan setir mobil bergetar karena disc brake yang tidak rata. Gesekan yang terjadi antara disc rotor dan brake pad yang tidak rata akan menghasilkan getaran yang cukup kuat dan dapat dirasakan pada setir dan pedal rem mobil.

Gelombang pada permukaan disc brake disebabkan oleh disc rotor yang dibiarkan kotor dan tidak pernah dibersihkan. Selain menimbulkan getaran, kotoran yang mengendap pada disc rotor juga dapat mengurangi efektifitas pengereman. Tak hanya itu kebiasaan menyiram disc brake dengan air saat kondisi disc brake panas, juga dapat membuat piringan disc brake bergelombang.

Sebagai gambaran, saat mobil melaju dengan keceatan 60 KM/jam maka jarak pengereman yang dibutuhkan agar mobil berhenti sempurna adalah 30 meter dalam kondisi normal. Sedangkan jika disc brake bergelombang, mobil membutuhkan jarak pengereman yang lebih jauh yakni 50 meter.

Baca Juga: layanan aplikasi mobile honda e-care

Cara mengatasi pedal rem dan setir mobil yang bergetar bisa dengan melakukan rematching disc brake. Rematching merupakan proses penyelarasan permukaan disc brake mulai dari bagian tengah sampai bagian terluar. Keuntungan lain yang didapat setelah rematching antara lain.

  • Membantu mengembalikan kinerja rem secara optimal
  • Meminimalkan getar pada lingkar kemudi dan pedal rem saat dioperasikan
  • Memperbaiki jarak pengereman optimal kendaraan
  • Harga murah (jika dibandingkan dengan ganti disc brake baru)

Itulah penyebab dan cara mengatasi pedal rem dan setir mobil yang bergetar. Memasuki musim libur lebaran, pastikan kondisi mobilmu dalam keadaan prima dengan melakukan general check up sebelum digunakan. 

Untuk informasi Booking Service dan layanan Service Home Visit, Silahkan menghubungi.
Ihsan
☎️ : 087887761712

Untuk informasi Body Repair dan layanan pickup Jabodetabek, Silahkan menghubungi.
Andika
☎️ : 085799246627

Untuk informasi pembelian mobil dan layanan trade in, Silahkan menghubungi.
Costumer Service
☎️ : 081319700400

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *