6 Cara Merawat Power Steering Agar Tahan Lama

6 Cara Merawat Power Steering Agar Tahan Lama

Honda Bintang – Saat ini power steering seakan menjadi fitur yang wajib ada pada semua mobil, utamanya mobil keluaran terbaru. Fitur ini membantu meringankan kerja pengemudi saat memutar setir. Ada dua power steering yang sering digunakan, hydraulic power steering (HPS) dan electric power steering (EPS).

Baik HPS maupun EPS memiliki fungsi yang sama, hanya saja komponen dan cara kerjanya berbeda. HPS bekerja dengan mekanisme belt yang menyatu dengan putaran pulley mesin. Sedangkan EPS bekerja dengan mekanisme sistem komputer.

Baca: Update Harga Mobil Honda Terbaru Juli 2022

Penting bagi pemilik mobil untuk merawat kondisi power steering. Pasalnya jika terdapat masalah pada salah satu komponennya, tidak hanya kenyamanan berkendara akan berkurang tetapi dapat merembet ke komponen lain. Berikut 6 cara merawat power steering.

1. Kurangi Kecepatan Saat Jalan Rusak

Baik HPS maupun EPS menerjang jalanan rusak dalam kecepatan tinggi sangat tidak disarankan. Perilaku berkendara yang demikian dapat merusak poros dan boot rack steer yang terletak di bagian bawah mobil.

2. Cek Kondisi Karet Boot Rack Steer

Cek kondisi karet rack steer atau rumah setir sebelum berkendara. Jika terdapat retakan pada karet rack steer, ada baiknya segera dilakukan penggantian. Celah yang ada pada karet rack steer menjadi pintu masuk bagi air, debu dan kotoran. Ketiga hal tersebut dapat menyebabkan karat pada rumah setir dan berakibat kemudi menjadi berat.

Adapun indikasi as rumah setir yang sudah kotor atau berkarat adalah ada suara ketika kemudi diputar.

Baca Juga: Mobil Diderek Karena Parkir Liar, Kenali Perbedaan Parkir dan Berhenti

3. Cek Cairan Sistem Fluida (Hyradulic) Dan Belt

Bagi pemilik mobil yang masih menggunakan HPS, sistem fluida (hydraulic) harus dilakukan pengecekan level cairan pada reservoir power steering. Jika level cairannya sudah berkurang atau bahakan sudah hampir habis, segera lakukan penambahan cairan. Selain itu karena cara kerja HPS yang menyatu dengan pulley mesin. Maka jangan lupa memeriksa kondisi belt jangan sampai putus.

4. Jangan Menerjang Banjir

Peletakan motor listrik EPS berbeda-beda tergantung model dan produsen mobil. Pada beberapa model pabrikan, motor listrik EPS terletak di bagian bawah kolom setir. Jika motor listrik EPS mobil anda terletak dibagian bawah, ada baiknya anda tidak menerjang banjir karena rawan terendam. Namun, ada pula yang meletekan motor listrik EPS di dalam kabin sehingga relatif aman.

Anda dapat melihat letak motor listrik EPS mobil anda di buku manual kendaraan. Selain itu, anda juga bisa menanyakannya langsung melalui hotline whatsapp kami.

Baca: Ikuti Redefined Experience Challenge dan Menangkan Hadiahnya

5. Perhatikan Kelistrikan Mobil

Khusus mobil dengan model EPS, selalu perikasa level tegangan aki dan alternator sebagai penyuplai utama tenaga listrik. Jika aki tekor akan berpengaruh pada sistem pengendalian EPS. Akibatnya setir akan terasa berat saat diputar karena EPS mengalami malfungsi.

6. Jangan Terlalu Sering Melakukan Manuver

Ketika berkendara, usahakan untuk tidak terlalu sering melakukan manuver yang membuat putaran kemudi mentok ke arah kanan maupun kiri (patah). Selanjutnya tidak disarankan berkendara dengan gerakan zig-zag terlalu sering. Selain itu, usahakan untuk tidak memutar setir dalam keadaan mesin mati atau diam. Terakhir, parkir kendaraan anda dalam posisi lurus.

Baca Juga: Menakar Konsumsi BBM CRV, Boros atau Irit?

Untuk informasi Booking Service dan layanan Service Home Visit, Silahkan menghubungi.
Ihsan
☎️ : 087887761712 

Untuk informasi Body Repair dan layanan pickup Jabodetabek, Silahkan menghubungi.
Andika
☎️ : 085799246627

Untuk informasi pembelian mobil dan layanan trade in, Silahkan menghubungi.
Costumer Service
☎️ : 081319700400

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *