Apa Itu Fitur Auto Brake Hold dan Cara Penggunaannya?

Apa Itu Fitur Auto Brake Hold dan Cara Penggunaannya?

Honda Bintang – Perkembangan teknologi industri otomotif yang sangat cepat memaksa produsen otomotif melakukan penyesuaian terhadap fitur-fitur yang dihadirkan. Jika dahulu kita sering melihat penggunaan tuas manual untuk mengaktifkan rem tangan pada mobil, kini fitur tersebut telah tergantikan oleh sistem komputer. Pengemudi cukup menekan tombol untuk mengaktifkan fitur rem tambahan atau biasa disebut Auto Brake Hold.

Auto Brake Hold adalah suatu sistem pengereman tambahan pada mobil untuk membantu sistem pengereman utama. Fitur ini telah tersedia di beberapa model mobil Honda seperti CRV, HRV, Accord, City Hatchback RS, Civic RS dan BRV. Meskipun memiliki fungsi sebagai sistem pengereman tambahan, ada beberapa hal yang harus dipenuhi agar sistem ini aktif dan bekerja optimal.

Baca: Tips Mengendarai Mobil Transmisi CVT di Tanjakan

Berikut langkah-langkah pengaktifan fitur Auto Brake Hold.

  1. Pastikan seatbelt telah terpasang dan mesin mobil dalam keadaan menyala.
  2. Tekan tombol brake hold hingga lampu indikator berwarna hijau bertuliskan Brake hold menyala. Ini menandakan bahwa sistem brake hold sudah siap digunakan. Mengaktifkan atau menekan tombol brake hold dapat dilakukan ketika kendaraan berhenti ataupun jalan.
  3. Apabila pedal rem sudah ditekan dan kendaraan Anda berhenti sempurna maka indikator brake hold (huruf “A”) akan menyala. Indikator huruf “A” ini berada tepat dibawah indikator brake hold yang sudah menyala sebelumnya.
  4. Setelah lampu indikator huruf “A” menyala, Anda bisa melepas pijakan kaki dari pedal rem. Sistem akan menahan rem secara otomatis selama 10 menit atau sampai pedal gas diinjak.

Selain itu, fitur Auto Brake Hold akan otomatis berhenti jika.

  1. Mesin dimatikan.
  2. Pengemudi menginjak pedal gas.
  3. Pengemudi memindahkan tuas persneling ke posisi P atau N.
  4. Seatbelt tidak terpasang.
  5. Fitur Brake Hold aktif lebih dari 10 menit.

Baca Juga: 5 Penyebab Suara Mesin Mobil Kasar

Demikianlah penjelasan tentang fitur auto brake hold system dan cara menggunakannya. Pastikan kamu selalu mengikuti standard operasional prosedur pengoperasiannya agar tidak timbul masalah di kemudian hari.

Untuk informasi Booking Service dan layanan Service Home Visit, Silahkan menghubungi.
Ihsan
☎️ : 087887761712 

Untuk informasi Body Repair dan layanan pickup Jabodetabek, Silahkan menghubungi.
Andika
☎️ : 085799246627 

Untuk informasi pembelian mobil dan layanan trade in, Silahkan menghubungi.
Costumer Service
☎️ : 081319700400 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *