Bolehkah Mengisi Oli Mesin Mobil Melebihi Kapasitas?

Bolehkah Mengisi Oli Mesin Mobil Melebihi Kapasitas?

Honda Bintang – Oli mesin pada mobil memiliki peranan penting dalam menjaga durabilitas dan kinerja setiap komponen mesin. Oli mesin bertugas melumasi setiap komponen mesin yang bergesekan hingga celah terdalam, kekurangan oli mesin bisa berakibat pada tingkat keausan komponen mesin.

Namun perlu diperhatikan volume oli yang digunakan pada saat melakukan penggantian, maksud hati ingin merawat mesin malah bisa jadi rusak jika oli terlalu banyak. Setiap produsen telah menyertakan kapasitas maksimal pengisian oli yang disarankan di dalam buku panduan.

Baca: Penyebab dan Cara Mengatasi Oil Sludge

Sebagai contoh pada SUV Honda keluaran terbaru Honda WRV memiliki kapasitas oli mesin sebesar 3,8 liter. Hal ini bukan tanpa alasan, kapasitas penggunaan oli telah disesuaikan dengan kebutuhan mesin untuk mendapatkan hasil optimal.

Bolehkah Mengisi Oli Mesin Mobil Melebihi Kapasitas?

Jika volume oli mesin sedikit melebih batas kapasitas maksimal volume oli yang dianjurkan tidak akan terlalu berefek pada mesin, lain halnya jika jauh melebihi batas kapasitas maksimal. Volume oli yang terlalu banyak malah akan memperberat kerja mesin mobil karena kruk as terendam oli.

Selain itu, pompa oli mesin juga dipaksa bekerja lebih keras untuk mengalirkan oli ke seluruh bagian mesin. Efek samping yang paling terasa adalah konsumsi bahan bakar menjadi lebih boros dan laju mobil akan terasa berat.

Sebaiknya baca dulu buku panduan pemilik sebelum melakukan penggantian oli mesin. Jika tidak, kamu bisa membawanya ke bengkel resmi Honda agar pengerjaan dan spesifikasi oli mesin sesuai dengan karakteristik mobil. Kamu bisa melakukan penggantian oli mobil di Honda Bintang Cimone setelah jam pulang kantor dengan membuat janji terlebih dahulu dengan teknisi kami.

Untuk informasi Booking Service dan layanan Service Home Visit, Silahkan menghubungi.
Ihsan
☎️ : 087887761712 

Untuk informasi Body Repair dan layanan pickup Jabodetabek, Silahkan menghubungi.
Andika
☎️ : 085799246627 

Untuk informasi pembelian mobil dan layanan trade in, Silahkan menghubungi.
Costumer Service
☎️ : 081319700400 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *