Ini Alasan Memanaskan Mesin Mobil Sudah Tidak Diperlukan

Ini Alasan Memanaskan Mesin Mobil Sudah Tidak Diperlukan

Honda Bintang – Perkembangan teknologi mobil semakin dinamis. Jika dahulu sistem digerakan secara manual, saat ini semua telah diatur dengan sistem chip komputer. Namun tetap ada anggapan, memanaskan mesin mobil sebelum digunakan merupakan sebuah keharusan.

Banyak pemilik mobil baik diesel maupun bensin, selalu memanaskan mesin mobil mereka sebelum digunakan. Menurut mereka, cara ini dilakukan agar sistem lubrikasi atau pelumasan pada mesin optimal. Benarkah demikian?

Baca: Apakah Ngebut Bikin Mobil Boros Bensin?

Mengutip kompas.com pada mobil modern, pabrikan mendesain mobil agar tidak perlu dipanaskan terlebih dahulu sebelum digunakan. Ini karena sistem kelistrikan, komponen mesin dan sistem lainnya diatur melalui sistem perangkat komputer. Itu bisa terjadi berkat komponen valve adjuster yang bertugas menahan oli agar tak langsung turun ke bak penampungan.

Sehingga saat mesin dihidupkan, suhu temperatur bisa bekerja untuk mengatur agar sistem pelumasan naik ke seluruh komponen mesin. Semua teknologi ini memungkinkan pemilik mobil untuk tidak memanaskannya terlebih dahulu.

Namun, jika anda tetap ingin melakukannya. Sebaiknya anda mulai perhatikan durasi dan rentang waktunya. Melansir laman otoklix.com pada mobil bertransmisi injeksi, proses ini cukup dilakukan selama 30 detik sampai 1 menit saja. Sedangkan pada mobil bertransmisi manual, cukup 10 sampai 15 menit.

Baca Juga: Apa Itu Engine Flush dan Apa Kegunaannya?

Selain memperhatikan durasi waktu memanaskan mobil, perhatikan juga rentang waktu melakukannya. Untuk mobil baru atau dengan tahun muda, proses ini cukup dilakukan selama 7 sampai 10 hari sekali. Fungsinya agar aki tetap terisi listrik.

Sedikit tips bagi anda yang ingin memanaskan mesin mobil. Ada baiknya anda melakukan di ruang terbuka atau dengan berjalan sekitar rumah. Selain karena alasan gas buang yang berbahaya, memanaskan mobil dalam keadaan bergerak juga membantu merawat kondisi ban, rem dan transmisi.

Untuk informasi Booking Service dan layanan Service Home Visit, Silahkan menghubungi.
Ihsan
☎️ : 087887761712

Untuk informasi Body Repair dan layanan pickup Jabodetabek, Silahkan menghubungi.
Andika
☎️ : 085799246627

Untuk informasi pembelian mobil dan layanan trade in, Silahkan menghubungi.
Costumer Service
☎️ : 081319700400

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *