Kenali Ciri-Ciri Penggantian Ban Mobil

Kenali Ciri-Ciri Penggantian Ban Mobil

Honda Bintang – Ban mobil tidak hanya berfungsi sebagai penggerak kedaraan bermotor. Ban juga memiliki peran dalam memberikan kenyaman berkendara baik bagi pengemudi ataupun penumpang. Hal inilah yang membuat setiap pemilik kendaraan harus tahu kapan saat yang tepat untuk mengganti ban kendaraannya.

Dilansir dari laman cnnindonesia.com setidaknya terdapat 7 ciri-ciri bagi pemilik kendaraan untuk mengganti bannya.

1. Usia Ban Lebih Dari 3 Tahun

Salah satu komponen utama pada pembuatan ban adalah karet. Karet dipilih untuk membuat ban karena sifat elastis yang juga mampu meredam goncangan yang timbul pada saat mobil berjalan.

Seiring dengan pemakaiannya, keelastisan ban pun akan semakin berkurang. Umumnya, usia ban yang sudah lebih dari 3 tahun akan mulai mengeras dan rentan hancur saat terjadi gesekan dengan permukaan jalan.

Yang perlu diingat adalah cara melihat usia dari ban itu sendiri. Berbeda dengan oli mobil, usia ban bukan dipatok pada saat Anda memasangnya, namun tanggal produksi ban tersebut.

Kode produksi pada ban bisa dilihat pada bagian ban. Biasanya, terdapat 4 angka yang merupakan kode pembuatan ban tersebut. Dua angka pertama merupakan minggu pembuatan dan dua angka berikutnya menandakan tahun pembuatan ban.

Baca: Promo Servis Mudik 2022 Honda Bintang Cimone

2. Sudah Menempuh 40.000 KM

Layaknya komponen lain pada kendaraan, ban juga memiliki batas usia pakai. Umumnya jika ban terpasang secara sempurna dan digunakan terus menerus maka usia pakainya hanya sampai 40.000 KM. Penting untuk mencatat waktu penggantian ban .

3. Ban Botak

Komponen utama dalam pembuatan ban adalah karet, karet dipilih karena sifatnya yang elastis dan mampu meredam goncangan sehingga cocok dijadikan sebagai bahan material dasar. Semakin sering karet ban bergesekan dengan permukaan jalan makan semakin cepat juga daya cengkram ban berkurang.

Permukaan yang dibentuk berpola menentukan seberapa kuat daya cengkram ban pada permukaan jalan. Sering waktu pola ini juga akan habis atau aus, jika anda sudah melihat tanda-tanda aus pada ban kendaraan anda sebaiknya mulai pertimbangkan untuk menggantinya.

Baca: Promo Kredit Mobil All New Honda BRV

4. Muncul Retakan Pada ban

Retakan ban biasanya muncul pada bagian samping ban, meskipun halus sebaiknya anda harus sudah memikirkan untuk menggantinya. Pasalnya retakan pada sisi ban bisa menyebabkan ban pecah saat digunakan.

5. Sudah Sering Ditambal

Ban menjadi komponen pada kendaraan yang bergesekan langsung dengan permukaan jalan hingga rawan terjadi kebocoran. Mudahnya kita hanya perlu menambal bagian yang bocor saja namun jika jumlah tambalan semakain banyak  akan lebih bijaksana jika menggantinya. Semakin banyak jumlah tambalan maka semakin berkurang daya cengkram ban.

6. Luka Ban

Layaknya tubuh kita, ban juga bisa terluka. Meskipun luka pada ban tidak akan menyebabkan kebocoran tetapi luka tersbut bisa mengoyak bagian ban dan membuat daya topang bebannya berkurang.

Baca: Persamaan dan Perbedaan All New Honda BRV 2022

7. Muncul Benjolan

Benjolan pada ban biasanya terjadi lantaran serat nilon atau kawat pada sabuk ban yang putus. Selain sudah tak kuat lagi menahan beban berat, benjolan juga bisa meletus jika mobil tetap dipaksakan melaju.

Berikut adalah 7 ciri-ciri anda harus mengganti ban mobil anda.

Untuk informasi Booking Service dan layanan Service Home Visit, Silahkan menghubungi.
Ihsan
☎️ : 087887761712

Untuk informasi Body Repair dan layanan pickup Jabodetabek, Silahkan menghubungi.
Andika
☎️ : 085799246627

Untuk informasi pembelian mobil dan layanan trade in, Silahkan menghubungi.
Costumer Service
☎️ : 081319700400

Share This Entry

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on email