Mematikan AC Mobil Saat Menanjak? Mitos Atau Fakta

Mematikan AC Mobil Saat Menanjak? Mitos Atau Fakta

Honda Bintang – Mitos atau fakta, mematikan AC saat jalan menanjak bisa menambah tenaga mobil?.

Ini sudah banyak diulas diberbagai artikel otomotif bahkan seringkali menjadi perdebatan di kalangan pecinta otomotif. Sebenarnya tidak ada pembuktian pasti apakah hal itu benar berpengaruh pada tenaga mobil saat menanjak. Skill pengemudi juga dibutuhkan saat melewati jalan menanjak.

Jangan Ketinggalan: Open Indent All New HRV

Lantas Haruskah Kita Mematikan AC?

Dilansir dari kompas.com mematikan AC mobil saat menanjak memang mampu memberikan tambahan tenaga di tanjakan namun tidak terlalu signifikan. Selama beban muatan tidak terlalu berat dan mesin mobil dalam keadaan baik. Selain itu skill pengemudi mutlak dibutuhkan untuk melibas jalan tanjakan.

Syaifur Rahman, service advisor Honda Permata Hijau menjelaskan lebih lanjut mengenai hal tersebut. Dikutip dari gridoto.com benar jika mematikan AC dapat menambah tenaga mobil khususnya bagi mobil ber cc rendah atau dibawah 1500 cc.

Pasalnya ketika sistem AC bekerja, putaran kompresor akan mengambil sedikit tenaga dari mesin untuk mengalirkan udara dingin ke dalam kabin. Pada kasus mobil dengan cc rendah kompresor mengambil 10% tenaga dan akan sangat berpengaruh ke performa mesin. Sehingga mematikan AC menjadi opsi terbaik.

Namun jangan khawatir bagi pemilik kendaraan ber cc besar, karena tenaga yang dihasilkan besar kompresor hanya mengambil 3% tenaga mesin. Sehingga tidak berpengaruh terhadap performa mobil di tanjakan.

Baca: Mobil Ditinggal Mudik? Lakukan Ini Agar Aman

Untuk informasi Booking Service dan layanan Service Home Visit, Silahkan menghubungi.
Ihsan
☎️ : 087887761712

Untuk informasi Body Repair dan layanan pickup Jabodetabek, Silahkan menghubungi.
Andika
☎️ : 085799246627

Untuk informasi pembelian mobil dan layanan trade in, Silahkan menghubungi.
Costumer Service
☎️ : 081319700400

Share This Entry

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on email