Tips Cara Menyimpan Mobil Saat Ditinggal Mudik Lebaran

Tips Cara Menyimpan Mobil Saat Ditinggal Mudik Lebaran

Honda Bintang – Idul fitri selalu menjadi momen peningkatan mobilitas warga dan penggerak roda perekonomian. Antusiame masyarakat untuk pulang ke kampung halaman sangat besar. Tahun ini Kementrian Perhubungan memprediksi puncak arus mudik akan terjadi pada H-3 sampai H-2 lebaran, Kemenhub juga memprediksi akan ada 21 juta pemudik yang menggunakan mobil pribadi.

Meskipun demikian tak sedikit pemudik yang memanfaatkan program mudik bersama ataupun menggunakan transportasi umum seperti bus, kereta, pesawat dan kapal laut. Bagi pemilik mobil yang memutuskan menggunakan transportasi umum saat mudik nanti, sebaiknya perhatikan tempat penyimpanan mobil. Berikut 4 tips cara menyimpan mobil saat ditinggal mudik lebaran.

Baca: Mau Mudik? Siapkan 4 Hal Ini Sebelum Berangkat

Berikut beberapa tips aman menyimpan mobil untuk waktu yang lama

1. Simpan di Tempat Tertutup dan Kering

Pilihlah tempat penyimpanan atau tempat parkir yang tertutup agar terhindar dari paparan sinar matahari langsung. Selain itu, pastikan juga tempat tersebut kering dan bebas dari banjir. Sebagaimana kita ketahui, paparan sinar matahari langsung dan tetesan air hujan dapat merusak lapisan luar cat mobil dan merusak warnanya.

2. Cuci Mobil Sebelum Disimpan

Sebelum menaruh mobil di tempat penyimpanan, pastikan kamu sudah mencucinya terlebih dahulu. Mencuci mobil dapat mencegah tumbuhnya jamur, water spot bahkan karat pada bodi mobil. Saat mencuci mobil, pastikan kamu menggunakan kain microfiber agar tidak meninggalakn baret halus pada permukaan bodi dan kaca mobil.

Baca: Bolehkah Mencuci Ruang Mesin Mobil?

3. Periksa Komponen Kendaraan

Jangan lupa untuk mengecek tekanan angin ban dan level oli mesin. Jika tekanan angin ban berkurang saat di parkir terlalu lama akan menyebabkan flat spot pada ban, sebaiknya tambahkan tekanan angin sekitar 3 psi. Risiko kerusakan juga bisa terjadi jika volume oli berkurang, kekurangan oli bisa menyebabkan karat pada mesin.

4. Gunakan Cover Mobil

Meskipun telah disimpan di tempat yang tertutup, penggunaan cover mobil tetap dibutuhkan. Ini bertujuan agar debu dan kotoran tidak langsung menempel di permukaan mobil. Selain itu, usahakan material bahan cover mobil bertekstur licin dan tahan air.

Itulah beberapa tips cara menyimpan mobil untuk waktu yang lama. Hubungi kamu untuk mendapatkan konsultasi gratis dengan teknisi terpercaya.

Untuk informasi Booking Service dan layanan Service Home Visit, Silahkan menghubungi.
Ihsan
☎️ : 087887761712

Untuk informasi Body Repair dan layanan pickup Jabodetabek, Silahkan menghubungi.
Adika
☎️ : 085799246627

Untuk informasi pembelian mobil dan layanan trade in, Silahkan menghubungi.
Costumer Service
☎️081319700400

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *