Penyebab dan Cara Mengatasi Kopling Mobil Keras Saat Diinjak

Penyebab dan Cara Mengatasi Kopling Mobil Keras Saat Diinjak

Honda Bintang – Ketika berkendara menggunakan mobil manual, ada kalanya pedal kopling terasa keras saat diinjak. Hal seperti ini tentu akan menyulitkan pengendara terlebih jika kondisi jalanan macet. Selain terasa sulit saat diinjak, kaki akan lebih cepat pegal saat mengoperasikannya.

Kopling pada mobil berfungsi sebagai penghubung putaran mesin dan transmisi. Tak seperti pada mobil matic, pada mobil manual pengemudi harus menyesuaikan ritme kaki saat menginjak pedal kopling, gas dan rem agar mobil berjalan mulus. Kopling mobil terasa keras bisa disebabkan oleh banyak faktor, berikut beberapa penyebab paling sering kopling mobil terasa keras saat diinjak.

Baca: 4 Suara Aneh Pada Mobil yang Harus Diwaspadai

1. Kampas Kopling Aus

Penyebab utama kopling mobil terasa keras adalah kampas kopling sudah aus atau mulai menipis. Kebiasaan menginjak kopling mobil setengah membuat grip kampas kopling kurang menerima putaran dari plat penekan, sehingga mempercepat proses pengikisan kampas kopling. Satu-satunya cara untuk memperbaikinya adalah dengan menggantinya dengan part yang baru.

2. Kabel Kopling Kering

Penyebab lain kopling terasa keras adalah kabel kering atau kurang pelumas. Berbeda dengan mobil matic yang berkerja dengan sistem hidrolik untuk melumasi sistem transmisinya, pada mobil manual hal ini harus dilakukan secara manual dan berkala. Kabel kopling yang terbuat dari kawat baja sangat rawan macet saat kekurangan pelumas, oleh sebab itu kamu bisa mulai melumasinya dengan oli atau pelumas khusus agar kembali normal.

3. Release dan Pilot Bearing Rusak

Release bearing berfungsi untuk menekan plat pegas diafragma yang terdapat pada cover clutch. Sementara pilot bearing bertugas untuk menopang input shaft agar sejajar dengan sumbu poros tengah engkol. Penyebab utama rusaknya kedua part ini adalah mesin mobil overheat, kalau sudah begitu segera ganti kedua part tersebut dengan suku cadang asli.

Baca Juga: Mobil Terendam Banjir? Lakukan 3 Hal Ini Untuk Pertolongan Pertama

4. Cover Clutch Kedaluwarsa

Sama seperti part mobil yang lain, cover clutch juga memerlukan peremajaan saat sudah melewati masa pakainya. Pada kondisi ini, tekanan kampas kopling semakin berkurang sehingga pressure plate tidak optimal dan berimbas pada pedal kopling terasa keras. Kamu bisa mengganti seluruh part (kampas kopling, release bearing dan cover clutch) jika terdapat kerusakan agar sistem kopling mobil kembali normal.

5. Kebiasaan Buruk Pengendara

Salah satu contoh kebiasaan buruk pengendara adalah melepas kopling secara tiba-tiba sehingga perpindahan gigi menjadi tidak sempurna. Tak hanya kampas kopling yang terkena imbasnya, jika kebiasaan ini terus dilakukan dapat memicu kerusakan pada keseluruhan transmisi mobil.

Demikianlah beberapa penyebab kopling mobil terasa keras saat diinjak. Selalu gunakan suku cadang asli demi keselamatan dan keamanan berkendara di jalan, tak lupa selalu periksakan kondisi mobil secara berkala.

Untuk informasi Booking Service dan layanan Service Home Visit, Silahkan menghubungi.
Ihsan
☎️ : 087887761712 

Untuk informasi Body Repair dan layanan pickup Jabodetabek, Silahkan menghubungi.
Andika
☎️ : 085799246627

Untuk informasi pembelian mobil dan layanan trade in, Silahkan menghubungi.
Costumer Service
☎️ : 081319700400 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *