Pertolongan Pertama Saat Mobil Terendam Banjir

Pertolongan Pertama Saat Mobil Terendam Banjir

Honda Bintang – Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediksi cuaca ekstrem dan curah hujan tinggi di wilayah Jabodetabek sampai akhir tahun. Anomali cuaca tersebut kemungkinan akan menyebabkan angin kencang dan banjir, terutama di wilayah pesisir yang disebabkan oleh air pasang laut.

Banjir yang bercampur dengan air laut dapat meninggalkan noda karat dan bersifat korosif bagi besi. Lumpur dan sedimen lain yang terbawa saat banjir akan merusak bagian eksterior dan interior mobil jika tidak segera dibersihkan. Selain permasalahan pada eksterior dan interior mobil, banjir juga akan mempengaruhi mesin mobil.

Baca: Segini Batas Aman Mobil Lewati Genangan Air

Berikut 3 hal yang dapat kamu lakukan sebagai pertolongan pertama saat mobil terendam banjir.

1. Jangan Menyalakan Mesin Mobil

pertolongan pertama saat mobil terendam banjir adalah jangan menyalakan mesin mobil, air bisa saja masuk kedalam sistem pembakaran mobil melalui celah mesin. Menyalakan mesin sesaat setelah terendam banjir malah akan memperparah kerusakan mesin mobil karena ada risiko water hammer. Water hammer adalah kondisi dimana air bercampur dan ikut tersirkulasi bersama pelumas. Jika dipaksakan malah akan membahayakan dan mengakibatkan piston bengkok.

2. Melepas Sambungan Aki Mobil

Hal kedua yang harus dilakukan adalah melepas sambungan daya aki mobil. Hal tersebut bukan tanpa alasan, pasalnya saat ruang mesin terendam banjir maka otomatis aki mobil pun ikut terendam. Dengan melepas aki mobil, kita dapat menghindari konsleting jaringan kelistrikan mobil dan kerusakan total jaringan kelistrikan mobil.

Baca Juga: Menerjang Banjir? Cek 3 Komponen Ini Sebelum Rusak

3. Melakukan Pengecekan Menyeluruh

Terakhir segera lakukan pengecekan secara menyeluruh, mobil yang sudah terendam banjir rawan berkarat. Biasanya pihak bengkel akan melakukan penggantian oli mesin dan oli transmisi untuk menghilangkan sisa air. Penggantian oli akan dilakukan sebanyak dua kali, pertama untuk mengeluarkan sisa air dan benda asing yang ikut masuk kedalam mesin, setelah itu diberi cairan engine flush. Setelah bersih, oli tersebut dikuras dan diganti dengan oli baru sebagai pelumas.

Setelah mengganti oli mesin dengan yang baru, nyalakan mesin mobil selama kurang lebih 30 menit agar tersirkulasi dengan baik. Itulah langkah pertolongan pertama saat mobil terendam banjir, dalam kedaaan daruarat kamu bisa memanfaatkan layanan service antar jemput dari Honda Bintang Cimone. Caranya mudah, kamu cukup menghubungi hotline whatsapp dibawah ini.

Untuk informasi Booking Service dan layanan Service Home Visit, Silahkan menghubungi.
Ihsan
☎️ : 087887761712

Untuk informasi Body Repair dan layanan pickup Jabodetabek, Silahkan menghubungi.
Andika
☎️ : 085799246627 

Untuk informasi pembelian mobil dan layanan trade in, Silahkan menghubungi.
Costumer Service
☎️ : 081319700400 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *