4 Penyebab Hentakan Pada Transmisi Mobil Matic

4 Penyebab Hentakan Pada Transmisi Mobil Matic

Honda Bintang – Saat seseorang memutuskan untuk membeli mobil, salah satu faktor ayang akan menjadi pertimbangan adalah kenyamanan dan tenaga. Pasalnya semakin besar tenaga yang dimiliki oleh sebuah mobil maka potensi hentakan saat mobil berakselerasi juga akan semakin besar. Maka dari itu para produsen mobil berlomba-lomba menyempurnakan sistem transmisi guna mereduksi hentakan mobil saat berakselerasi.

Umumnya hentakan mobil akan sangat terasa bagi pengguna mobil matic. Sistem perpindahan gigi yang diatur secara otomatis oleh komputer akan sangat sensitif jika terdapat kerusakan atau hal yang salah pada transmisi mobil. Berikut adalah beberapa penyebab hentakan pada transmisi mobil matic.

Baca: Cara Jumper Aki Mobil Dengan Aman

1. Oli Transmisi Kotor atau Berkurang

Penyebab pertama hentakan pada transmisi matic adalah oli transmisi habis atau kotor. Oli transmisi bertugas untuk melumasi seluruh komponen transmisi dan membuat gesekan antar komponen menjadi halus. Dalam kasus mobil matic, oli transmisi juga bertanggung jawab untuk mendorong sistem hidrolik agar transmisi mobil bekerja dengan baik. Oli yang buruk akan berdampak pada perpindahan gigi menjadi lebih berat, kasar dan macet, sehingga mobil akan terasa terhentak saat berakselerasi.

2. Solenoid Valve Bermasalah

Solenoid valve merupakan salah satu komponen terpenting dalam transmisi matic, komponen tersebut bertugas untuk mengatur tekanan oli yang ada di body valve. Selain itu, solenoid valve juga bertanggung jawab mengaktifkan clutch and brake untuk mengatur aliran oli atas perintah TCM (Transmission Control Modul). Keseluruhan alur kerja komponen tersebut diatur oleh komputer yang akan membaca kondisi mesin dan transmisi mobil.

Kerusakan solenoid valve dapat mengganggu aliran oli dan membuat clutch and brake berhenti bergerak. Jika sudah begitu hentakan mobil saat berakselerasi akan sangat terasa, bahkan dalam kasus yang lebih parah mobil tidak bisa berjalan.

3. Kerusakan Brake and Clutch

Penyebab hentakan pada mobil selanjutnya adalah kerusakan brake and clutch. Brake adalah komponen pada planetary gear yang dapat bergerak untuk mendapat perbandingan gigi yang dibutuhkan kendaraan. Sedangkan clutch berfungsi untuk menghubungkan dan mengurangi putaran mesin ke unit transmisi. Kedua komponen tersebut dapat rusak karena aus pemakaian, dampaknya mobil terasa lambat meskipun putaran mesin tinggi dan terasa hentakan saat perpindahan gigi.

Baca Juga: Penyebab dan Cara Mengatasi Transmisi Matic Delay

4. Penyetelan Kabel Accelerator Kickdown Kurang Pas

Terakhir adalah penyetelan kabel accelerator kickdown yang kurang pas, kasus ini hanya ditemui pada mobil matic lawas. Fungsinya untuk menyampaikan informasi tentang putaran mesin kepada ECU, lalu kemudian ECU akan menentukan kapan perpindahan gigi terjadi. Untuk itu diperlukan penyetelan ulang agar pas, namun kegiatan ini harus dilakukan oleh tenaga profesional agar tidak terjadi kesalahan.

Itulah penjelasan singkat mengenai penyebab hentakan pada transmisi mobil matic. Sebaiknya segera periksakan kondisi mobil kamu jika dirasa terdapat masalah atau dengan rutin melakukan perawatan berkala.

Untuk konsultasi service, informasi Booking Service dan layanan Service Home Visit, Silahkan menghubungi.
Ihsan
☎️ : 087887761712

Untuk informasi Body Repair dan layanan pickup Jabodetabek, Silahkan menghubungi.
Andika
☎️ : 085799246627 

Untuk informasi pembelian mobil dan layanan trade in, Silahkan menghubungi.
Customer Service
☎️ : 081319700400 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *