Tak Bisa Pakai Pertalite? Simak 5 Kelebihan Pakai Pertamax

Tak Bisa Pakai Pertalite? Simak 5 Kelebihan Pakai Pertamax
Ilustrasi antrian di SPBU (sumber MediaIndonesia.com)

Honda Bintang – Ramai diisukan, pemerintah akhirnya secara resmi melakukan penyesuaian harga jual BBM bersubsidi dan non subsidi. Per tanggal 3 September 2022, harga jual BBM jenis pertalite naik menjadi 10.000 per liter, solar 6.800 per liter dan pertamax 14.500 per liter. Langkah ini diambil lantaran tingginya harga jual minyak mentah dunia serta membebani APBN negara.

Dalam rangka mengurangi beban APBN dan mengatur penyaluran subsidi bahan bakar agar tepat sasaran. Pemerintah melalui menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) melakukan pembatasan pembelian BBM bersubsidi jenis pertalite bagi mobil pribadi. Pembatasan ini dilakukan dengan cara mengelompokkan tipe mobil berdasarkan kapasitas mesin, mobil dengan kapasitas dibawah 1.400 cc sebagai golongan yang boleh membeli pertalite.

Baca: Harga BBM Naik, Berikut Daftar Lengkap Pricelist Mobil Honda

Pembatasan tersebut diatur dalam revisi Perpres nomor 191 tahun 2004, tentang penyaluran dan pendistribusian BBM bersubsidi. Nantinya bagi seluruh pemilik kendaraan roda empat, wajib menunjukan qr code dari aplikasi Mypertamina sebagai bukti berhak menerima BBM subsidi. Namun pembatasan ini belum secara resmi diumumkan dan diterapkan pada masyarakat.

Kendati demikian, ada 5 keuntungan menggunakan BBM non subsidi seperti pertamax atau pertamax turbo.

1. Pembakaran Lebih Sempurna

Bahan bakar dengan nilai oktan lebih rendah membutuhkan waktu lebih lama untuk dibakar di dalam ruang pembakaran. Akibatnya, bisa menimbulkan knocking pada mesin dan meninggalkan sisa kerak mesin. Pertamax yang memiliki nilai oktan 92, akan diproses dengan lebih baik saat masuk ke ruang pembakaran dan tidak akan meninggalkan sisa kerak mesin.

Baca Juga: Pasokan Semikonduktor Lancar, Honda Tingkatkan Produksi All New HRV

2. Ramah Lingkungan

Sebagai akibat dari pembakaran yang lebih baik, nilai emisi gas buang yang dihasilkan pun lebih ramah lingkungan. Hasil penelitian menunjukan, nilai emisi gas buang buang yang dihasilkan oleh bahan bakar pertamax rata-rata mencapai carbon monoksida (CO) sebesar 2,53% dan hidro carbon (HC) sebesar 749 ppm.

3. Lebih Irit

Alasan mengapa bahan bakar Pertamax irit karena sifat Pertamax yang lebih sulit dibakar yang membuat proses pembakaran pada ruang pembakaran lebih baik. Hasilnya, bahan bakar mesin akan lebih sulit habis terbakar sebelum kembali pada proses TMA (titik mati atas).

4. Perawatan Lebih Mudah

Pertamax tidak mengandung timbal dan memiliki proses pembakaran yang lebih sempurna, sehingga tidak akan meninggalkan kerak pada mesin terutama di bagian klep, head, piston dan busi.

Baca: Berapa Konsumsi BBM City Hatchback? Boros atau Irit

5. Lebih Responsif

Performa mesin akan menjaid lebih responsif saat menggunakan bahan bakar jenis pertamax. Ini karena pertamax memiliki tambahan zat aditif yang akan membuat putaran gas pada mobil lebih ringan dan beban kerja mesin juga berkurang.

Untuk informasi Booking Service dan layanan Service Home Visit, Silahkan menghubungi.
Ihsan
☎️ : 087887761712 

Untuk informasi Body Repair dan layanan pickup Jabodetabek, Silahkan menghubungi.
Andika
☎️ : 085799246627 

Untuk informasi pembelian mobil dan layanan trade in, Silahkan menghubungi.
Costumer Service
☎️ : 081319700400 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *