Tak Sembarangan, Begini Aturan Penggunaan Lampu Hazard Mobil

Tak Sembarangan, Begini Aturan Penggunaan Lampu Hazard Mobil

Honda Bintang – Kendaraan bermotor terus mengalami perkembangan dan penambahan sistem keselamatan bagi pengendara dan penumpangnya. Perubahan tersebut tidak hanya berupa pemasangan perangkat teknologi terbaru tetapi bisa juga berupa perubahan bentuk lampu.

Lampu mobil menjadi satu-satunya signal yang dapat kita komunikasikan kepada pengendara lain saat di jalan, salah satunya adalah hazard atau lampu tanda bahaya. Sesuai dengan namanya, lampu hazard sebaiknya hanya digunakan dalam keadaan darurat saja.

Baca: Mitos atau Fakta, Sering Gonta Ganti Oli Menyebabkan Kerak Mesin Mobil?

Lalu, Benarkah Menyalakan Lampu Hazard Dalam Kondisi Cuaca Buruk?

Ternyata penggunaan lampu hazard diatur dalam Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan. Pada pasal 121 ayat 1 mengatakan bahwa, “setiap pengemudi wajib memasang segitiga pengaman, lampu isyarat, peringatan bahaya atau isyarat lain pada saat berhenti atau parkir dalam keadaan darurat di jalan”.

Maksud dari isyarat lain dalam peraturan tersebut adalah lampu sign mobil yang berkedip secara bersamaan atau biasa disebut hazard. Membiarkan lampu hazard dalam kondisi menyala merupakan cara pengemudi memberi tahu keadaannya kepada pengemudi lain.

Meskipun begitu, masih ada saja yang menyalakan lampu hazard bukan untuk peruntukannya misal dalam kondisi berkabut atau hujan deras. Menyalakan hazard saat cuaca buruk malah akan membingungkan pengemudi di sekitar kita, karena mereka jadi tidak bisa membaca arah yang kita tuju.

Baca Juga: 5 Masalah yang Sering Terjadi Pada Mobil Matic

Sebaiknya tetap gunakan lampu sign hanya saat akan berbelok meskipun dalam cuaca buruk. Sebagai gantinya, bisa dengan menyalakan lampu kabut atau foglamp sebagai media komunikasi kita dengan pengemudi di sekitar.

Itulah aturan mengenai penggunaan lampu hazard saat di jalan. Selalu atur jarak aman saat kondisi cuaca sedang buruk dan gunakan sabuk pengaman untuk keselamatan. Untuk konsultasi dan info promo menarik, bisa menghubungi nomor dibawah ini.

Untuk informasi Booking Service dan layanan Service Home Visit, Silahkan menghubungi.
Ihsan
☎️ : 087887761712

Untuk informasi Body Repair dan layanan pickup Jabodetabek, Silahkan menghubungi.
Andika
☎️ : 085799246627

Untuk informasi pembelian mobil dan layanan trade in, Silahkan menghubungi.
Costumer Service
☎️ : 081319700400 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *