Ada Suara Gluduk Saat Mobil Lewat Jalan Berlubang, Cek 3 Komponen Ini

Ada Suara Gluduk Saat Lewat Jalan Berlubang, Cek 3 Komponen Ini

Honda Bintang – Intensitas curah hujan tinggi dan buruknya sistem drainase membuat air menggenangi sejumlah ruas jalan di Indonesia. Air yang menggenangi jalanan lama-kelamaan akan menyebabkan kerusakan hingga berlubang terlebih pada jalan yang berbahan aspal.

Karakteristik aspal yang lemah terhadap air, akan semakin buruk ketika dilewati mobil dengan muatan berat. Tak jarang timbul suara gluduk saat mobil melewati jalanan rusak dan berlubang, suara tersebut bisa menjadi indikator kerusakan kaki-kaki mobil.

Baca: Bolehkah Mengisi Oli Mesin Mobil Melebihi Kapasitas?

Berikut 3 komponen kaki-kaki mobil yang rawan rusak saat melewati jalanan berlubang.

1. Ball Joint

Ball joint merupakan Salah satu komponen yang paling sering rusak saat terkena guncangan keras di jalanan berlubang. Indikasi ball joint yang telah mulai rusak adalah terdengar suara gemlodak saat mobil melewati jalanan rusak. Suara ini timbul akibat dari bushing yang pecah sehingga tidak dapat mengikat knuckle roda dengan benar.

2. Tie Rod

Komponen berikutnya yang paling sering rusak adalah komponen tie rod dan long tie rod. Kerusakan pada komponen ini paling mudah dikenali dari suara tek-tek-tek yang timbul saat mobil berbelok dan bantingan setir mobil akan terasa miring.

3. Shockbreaker

Jalanan rusak dan berlubang memaksa shockbreaker bekerja lebih keras untuk meredam getaran yang diterima. Shockbreaker akan menyerap sebagian besar guncangan yang diterima sebelum menyalurkannya ke bodi mobil, guncangan yang terlalu keras berpotensi merusak shockbreaker.

Baca Juga: 5 Ciri Shockbreaker Mobil Rusak

Itulah beberapa penyebab suara gluduk yang terdengar saat mobil melewati jalanan rusak dan berlubang. Selalu perhatikan batas aman kecepatan mobil saat melewati jalanan rusak dan berlubang, kecepatan yang terlalu tinggi malah akan merusak bagian kaki-kaki mobil.

Untuk informasi Booking Service dan layanan Service Home Visit, Silahkan menghubungi.
Ihsan
☎️ : 087887761712

Untuk informasi Body Repair dan layanan pickup Jabodetabek, Silahkan menghubungi.
Andika
☎️ : 085799246627

Untuk informasi pembelian mobil dan layanan trade in, Silahkan menghubungi.
Costumer Service
☎️ : 081319700400 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *