Jenis & Harga Air Aki Mobil

Jenis & Harga Air Aki Mobil

Honda Bintang – Jika kemarin sudah dibahas mengenai jenis dan tips cara memilih aki mobil yang tepat, kali ini akan diulas mengenai jenis dan harga air aki mobil. Seperti yang diketahui, ada 5 jenis aki yang saat ini beredar di pasaran mulai dari aki basah, kering, hybrid, kalsium dan gel. Kelima jenis aki tersebut menggunakan liquid (cairan) sebagai media penyimpanan dan penghantar daya listrik di dalam aki.

Bagi pengguna jenis aki kering, pemilik tidak perlu memikirkan level air aki yang terkandung di dalamnya karena sudah disesuaikan oleh pabrikan. Namun bagi pengguna jenis aki basah, perlu diperhatikan level cairan yang terkandung di dalamnya. Air aki yang terkandung di dalam jenis aki basah mengandung cairan elektrolit atau asam sulfat sehingga sangat mudah menguap. Umumnya terdapat 2 jenis air aki yang sering digunakan dan beredar di pasaran yaitu air aki accu dan air aki zuur.

Baca: Jenis dan Cara Memilih Aki Mobil yang Tepat

1. Air Aki Accu

Air aki accu merupakan cairan yang terdiri dari asam sulfat yang telah diencerkan dan telah melalui proses penyulingan untuk menghilangkan kandungan mineral di dalamnya. Proses ini harus dilakukan sebelum air aki dimasukan ke dalam aki mobil, ini berguna untuk mencegah kerusakan pada sel aki akibat korosi. Perlu diketahui, kandungan mineral di dalam air tersebut dapat merusak sel aki dan memperpendek usia pemakaian aki.

2. Air Aki Zuur

Selanjutnya ada jenis air aki zuur, air jenis ini juga mengandung asam sulfat dan elektrolit di dalamnya dengan kadar yang lebih pekat. Ciri fisik yang dapat dikenali pada air aki zuur adalah warnanya yang cenderung lebih kuning dari air aki accu, meskipun tidak semua air aki zuur memiliki warna yang lebih pekat. Meskipun air aki zuur dapat digunakan untuk mengisi aki tapi hal ini tidak dianjurkan untuk dilakukan dalam waktu yang lama.

Tidak seperti air aki accu yang mengalami proses penyulingan terlebih dahulu, air aki zuur tidak melalui proses penyulingan sehingga jika digunakan secara terus-menerus malah akan menyebabkan kerusakan komponen sel aki sebab terlalu kuat.

Setelah mengetahui 2 jenis air aki yang beredar, kini saatnya menilik beberapa perbedaan antara air aki accu dan air aki zuur.

1. Kemasan

Perbedaan yang paling mencolok dan bisa diamati antara keduanya adalah penggunaan warna pada kemasannya. Ada 2 warna yang digunakan yaitu kemasan air aki berwarna biru untuk air aki accu dan kemasan air aki berwarna merah untuk air aki zuur. Pemilihan warna biru pada air aki accu mengacu pada sifatnya yang tidak menimbulkan kerusakan jika terkena kulit sehingga dianggap aman. Sebaliknya, pemilihan warna merah untuk air aki zuur karena kandungan airnya yang dapat menyebabkan iritasi pada kulit dan memiliki sifat korosif yang tinggi.

2. Kandungan Airnya

Baik air aki accu dan air aki zuur keduanya sama-sama mengandung asam sulfat dan elektrolit di dalamnya. Hanya saja yang menjadikan air aki accu lebih aman untuk digunakan adalah proses penyulingan yang lebih dulu dilakukan. Sedangkan air aki zuur yang tidak melewati proses penyulingan cenderung memiliki kandungan asam sulfat dan elektrolit yang lebih kuat dan pekat.

Baca Juga: Serba-Serbi Seputar Penggunaan Mobil Transmisi Matic 

3. Penggunaannya

Jika air aki zuur hanya digunakan pada saat pengisian cairan pertama kali, maka air aki accu digunakan sebagai penambah volume air aki saat sudah berkurang. Hal ini lantaran aki membutuhkan kandungan asam sulfat dan elektrolit yang kuat untuk menyimpan energi listriknya saat pertama kali, sehingga air aki zuur adalah pilihan yang tepat.

4. Jangka Waktu

Sebenarnya banyak faktor yang dapat mempengaruhi jangka waktu pemakaian aki itu sendiri. Dalam kondisi normal dan aki terawat, maka jangka waktu penggunaan air aki zuur dapat bertahan hingga 1,5 – 2 tahun. Sedangkan untuk air aki accu tidak memiliki jangka waktu pemakaian yang jelas, guna menyiasati hal tersebut air aki accu dapat diganti bersamaan dengan penggantian air aki zuur.

5. Harga

Biasanya air aki dijual dalam kemasan botol ukuran 1 liter, harganya sendiri bervariasi tergantung merek. Untuk harga air aki zuur sendiri dijual dengan harga 8-12 ribu per liternya, sedangkan untuk air aki accu dijual dengan harga 8-12 ribu perliternya.

Demikianlah penjelasan mengenai jenis dan harga air aki mobil. Pastikan keadaan mobilmu sehat dengan rutin melakukan pemeriksaan dan perawatan terhadap komponen mobil. Kamu juga dapat berkonsultasi dan menikmati layanan home visit service dari Honda Bintang Cimone dengan menghubungi nomor dibawah ini.

Untuk konsultasi service, informasi Booking Service dan layanan Service Home Visit, Silahkan menghubungi.
Ihsan
☎️ : 087887761712 

Untuk informasi Body Repair dan layanan pickup Jabodetabek, Silahkan menghubungi.
Handoko
☎️ : 085607248417 

Untuk informasi pembelian mobil dan layanan trade in, Silahkan menghubungi.
Customer Service
☎️ : 081319700400 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *