Apa Itu Microsleep? Apakah Berbahaya Bagi Pengendara | Mudik 2022

Ilustrasi microsleep saat berkendara - Honda Bintang Cimone

Honda Bintang – Berkendara untuk waktu yang lama memang melelahkan, diperlukan stamina ekstra agar bisa selamat sampai tujuan. Dari sekian banyak faktor penyebab kecelakaan lalu lintas, mengantuk menjadi penyebab yang paling sering dialami pengendara atau sering disebut microsleep.

Melansir situs resmi  halodoc.com, microsleep merupakan suatu kejadian hilangnya kesadaran karena mengantuk, sehingga kamu tertidur secara tiba-tiba dalam waktu yang singkat. Durasi microsleep berkisar antara satu detik sampai dua menit, disertai dengan sentakan kepala yang keras.

Baca: Promo program kembali silaturahmi bersama honda

Taining Director Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI) Sony Susmana dalam  wawancara bersama kompas.com menjelaskan, microsleep tidak terjadi dengan tiba-tiba melainkan melalui beberapa tahapan.

Menurut Sony, pengemudi akan merasa lelah dan mengantuk setelah berkendara selama 3 atau 4 jam. Disaat itulah pengemudi biasanya terkena microsleep. Ada beberapa cara yang bisa dicoba untuk menghindarinya.

1. Istirahat

Setelah berkendara selama 3 sampai 4 jam ada baiknya anda menepi untuk beristirahat sebentar. Rasa lelah saat berkendara hanya bisa diatasi dengan istirahat yang cukup.

2. Mengonsumsi Kopi

Minum kopi bisa membantu anda untuk tetap terjaga, perlu diingat untuk memberikan jeda waktu sebelum kembali berkendara. Biasanya efek kopi akan bekerja setelah 30 menit.

3. Mendengarkan Musik

Mendengarkan musik dapat merangsang otak untuk tetap tejaga saat mengemudi. Namun perlu diperhatikan volume suaranya, jangan terlalu keras dan anda tidak bisa mendengar suara kendaraan lain.

Jangan ketinggalan sambut mudik lebaran, Honda bintang berikan promo service berkala

Ingin melakukan pemeriksaan dan perbaikan mobil dengan cepat dan aman? Hubungi kami. Kami menyediakan layanan gratis antar jemput dengan mobil towing.

Untuk informasi Booking Service dan layanan Service Home Visit, Silahkan menghubungi.
Ihsan
☎️ : 087887761712

Untuk informasi Body Repair dan layanan pickup Jabodetabek, Silahkan menghubungi.
Andika
☎️ : 085799246627

Untuk informasi pembelian mobil dan layanan trade in, Silahkan menghubungi.
Costumer Service
☎️ : 081319700400

Share This Entry

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on email