Waspada Bahaya Aquaplaning, Simak Tips Berkendara Saat Hujan

Waspada Bahaya Aquaplaning, Simak Tips Berkendara Saat Hujan

Honda Bintang – Memasuki musim hujan, kondisi jalan yang basah dan licin membuat pengendara harus lebih berhati-hati lagi. Pengendara selalu dihimbau untuk menyalakan fog lamp atau lampu utama saat hujan deras turun untuk memperbaiki visibilitas pengendara. Selain bahaya jarak pandang yang berkurang, bahaya aquaplaning juga mengintai.

Aquaplaning atau Hydroplaning adalah peristiwa hilangnya traksi atau daya cengkram ban pada permukaan jalan saat melewati genangan air dalam kecepatan tinggi. Karena ban kehilangan daya cengkramnya, sistem pengereman tidak dapat bekerja secara optimal sehingga pengendara kehilangan kontrol dan ban mobil selip. Aquaplaning bisa dialami oleh semua jenis kendaraan bermotor.

Baca: Segini Batas Aman Mobil Lewati Genangan Air

Lalu, bagaimana cara mengatasinya? Sony Susmana, Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia memberikan beberapa tips berkendara aman saat hujan.

Batas Kecepatan

Perhatikan batas kecepatan mobil saat melewati genangan air, pasalnya traksi dan daya cengkram ban akan menurun saat melewati genangan air. Kondisi ini membuat mobil rawan oversteer dan sulit dikendalikan, mobil akan terasa seperti melayang diatas permukaan air. Saat ban depan mobil melewati genangan, setir terasa seperti tidak bisa digerakan ke kanan ataupun ke kiri. Sedangkan saat ban belakang melewati genangan, bagian belakang mobil akan berputar bahkan sampai terbalik.

Menjaga Jarak Aman

Jarak pandang pengendara cenderung menjadi lebih pendek saat berkendara dalam kondisi hujan, sehingga penting untuk menjaga jarak dengan kendaraan lain. Jarak ini dimaksudkan agar pengendara memiliki cukup ruang untuk bereaksi saat terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Selain itu, mobil juga membutuhkan jarak yang lebih panjang untuk melakukan pengereman saat kondisi jalan basah dan licin.

Baca Juga: Menerjang Banjir? Cek 3 Komponen Ini Sebelum Rusak

Dilarang Mendahului

Saat hendak mendahului kendaraan lain, mobil membutuhkan tenaga yang lebih besar sehingga pengemudi akan mempercepat laju kendaraannya. Namun kegiatan ini sangat berbahaya dilakukan saat hujan, mobil bisa saja kehilangan keseimbangan dikarenakan ban kehilangan daya cengkramnya. Sebaiknya perhitungkan dengan matang saat hendak mendahului kendaraan lain dalam kondisi hujan.

Kondisi Ban

Selalu perhatikan kondisi ban mobil sebelum digunakan, terlebih saat musim hujan. Pola unik pada permukaan ban mampu membantu mengalirkan air ke bagian belakang ban saat dilewati. Hal itu juga membantu memastikan daya cengkram ban tetap terjaga, semakin tebal pola pada permukaannya maka semakin bagus kemampuannya mengalirkan air.

Baca: Layanan Emergency Service Honda Bintang Cimone

Untuk informasi Booking Service dan layanan Service Home Visit, Silahkan menghubungi.
Ihsan
☎️ : 087887761712 

Untuk informasi Body Repair dan layanan pickup Jabodetabek, Silahkan menghubungi.
Andika
☎️ : 085799246627 

Untuk informasi pembelian mobil dan layanan trade in, Silahkan menghubungi.
Costumer Service
☎️ : 081319700400 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *