Apakah Mobil mogok Saat Menerjang Banjir Harus Turun Mesin?

Apakah Mobil mogok Saat Menerjang Banjir Harus Turun Mesin?

Honda Bintang – Hampir seluruh wilayah di Indonesia memasuki puncak musim penghujan, risiko hujan lebat disertai angin kencang harus diwaspadai. Tak jarang hujan lebat memicu timbulnya genangan air bahkan sampai menyebabkan banjir. Dampaknya arus lalu lintas pun terganggu sehingga pengemudi harus memilih jalan memutar.

Meskipun begitu, tetap ada saja pengemudi yang nekat menerjang banjir meskipun tahu efeknya bagi kendaraan. Sebenarnya sah-sah saja jika pengemudi ingin menerjang banjir atau melewati genangan air, hanya saja perhatikan tinggi airnya. Batas aman genangan air atau banjir yang dapat dilewati oleh mobil sekitar 50 cm atau kira-kira setengah tinggi roda.

Baca: Tips Cara Merawat CVT Mobil

Lalu Benarkah Mobil Mogok Setelah Menerjang Banjir Harus Turun Mesin ?

Biasanya penyebab mobil mogok saat menerjang banjir adalah karena water hammer. Water hammer merupakan kondisi dimana air masuk kedalam ruang pembakaran dan bercampur dengan pelumas. Risiko kerusakan yang ditimbulkan akibat masuknya air ke ruang pembakaran adalah piston bengkok atau blok mesin pecah.

Namun pada kenyataannya, kasus mobil mogok saat menerjang banjir tidak melulu disebabkan oleh water hammer, bisa saja memang sudah ada kerusakan sebelumnya salah satunya aki lemah. Sebagai contoh, jika pengemudi mobil manual menerjang banjir dan telat menginjak pedal kopling saat memindahkan gigi maka secara otomatis mobil akan mogok. Karena aki mobil tersebut lemah maka mesin mobil tidak akan langsung bisa dinyalakan kembali.

Maka dari itu, pastikan kamu selalu memilih bengkel resmi agar diagnosa sumber masalah bisa lebih akurat dan bergaransi. Pasalnya saat mobil dinyatakan mengalami water hammer, maka satu-satunya cara untuk memperbaikinya adalah turun mesin atau overhaul.

Baca Juga: Sejarah Crumple Zone, Fungsi dan Cara Kerjanya

Honda Bintang Cimone sebagai salah satu Dealer Resmi Honda dengan pelayanan 3S+BP (Sales, Service, Sparepart dan Body & Paint) menyediakan layanan konsultasi dan layanan antar jemput bagi pelanggan. Didukung dengan teknisi yang tersertifikasi serta teknologi dan sparepart yang sesuai standard guna meminimalisir risiko kesalahan. Layanan konsultasi dan home visit service bisa menghubungi nomor dibawah ini.

Untuk konsultasi service, informasi Booking Service dan layanan Service Home Visit, Silahkan menghubungi.
Ihsan
☎️ : 087887761712

Untuk informasi Body Repair dan layanan pickup Jabodetabek, Silahkan menghubungi.
Andika
☎️ : 085799246627

Untuk informasi pembelian mobil dan layanan trade in, Silahkan menghubungi.
Costumer Service
☎️ : 081319700400 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *