3 Cara Mencegah Mobil Terbakar Saat Diparkir

3 Cara Mencegah Mobil Terbakar Saat Diparkir

Honda Bintang – Baru-baru ini jagad media sosial dihebohkan dengan unggahan video yang menunjukan sebuah city car terbakar saat sedang terparkir. Diketahui video tersebut diunggah oleh pemilik mobil dan berlokasi di sekitaran exit tol Cibubur. Meskipun sangat jarang terjadi, namun tidak menutup kemungkinan mobil bisa terbakar saat diparkir di tempat terbuka.

Selain risiko mobil terbakar, memarkir mobil di tempat terbuka juga rawan mengalami kerusakan akibat goresan ranting ataupun tindak kriminal. Maka dari itu sangat disarankan menggunakan cover car saat memutuskan memilih tempat parkir terbuka. Selain itu pastikan pula tempat parkir yang dipilih aman atau setidaknya terdapat penjaga yang mengawasi.

Baca: Penyebab Oli Mobil Bocor atau Rembes

Jika memang terpaksa memilih tempat yang terbuka, perhatikan barang yang ada ditinggal di dalam mobil agar tidak memantik api. Berikut 3 cara mencegah mobil terbakar saat diparkir.

1. Jangan Tinggalkan Barang Bertekanan

Cara pertama jangan meninggalkan barang bertekanan seperti korek gas, kaleng parfum dan kaleng pembasmi serangga di dalam mobil untuk mencegah mobil terbakar. Suhu panas sinar matahari yang masuk kedalam kabin mobil melalui kaca dapat membuat gas dan cairan yang terdapat di dalam kaleng aerosol memanas dan meledak. Ketika barang-barang tersebut meledak dan terbakar, pecahannya dapat membuat kaca mobil pecah dan api menyambar ke komponen lain.

2. Jangan Tinggalkan Barang Elektronik

Kedua, hindari meninggalkan barang-barang elektronik seperti Handphone, laptop, kamera digital dan power bank di dalam mobil. Selain mengundang pelaku tindak kriminal, meninggalkan barang elektronik di dalam mobil juga dapat memicu ledakan. Barang elektronik yang diletakkan dan ditinggalkan di dashboard mobil berisiko meledak karena paparan sinar matahari. Terlebih jika baterai yang digunakan sudah rusak atau menurun kualitasnya, itu akan meningkatkan risiko gawai meledak.

3. Gunakan Kaca Film

Terakhir gunakan kaca film sebagai penahan panas, penggunaan kaca film dapat membantu mempertahankan suhu di dalam kabin agar tidak terlalu panas. Kaca film mobil bekerja dengan cara mereduksi dan memantulkan hawa panas sinar matahari secara langsung. Tak hanya itu, kaca film mobil juga berguna untuk menjaga privasi pengemudi dan penumpang sehingga pelaku tindak kejahatan tidak dapat melihat keadaan kabin mobil.

Baca Juga: Ragam Jenis Kaca Film Mobil Berdasarkan Fungsi dan Jenisnya

Itulah 3 cara mencegah mobil terbakar saat diparkir. Pastikan kamu memperhatikan jenis dan kondisi barang di dalam kabin saat ingin meninggalkan mobil. Konsultasi service dan layanan home visit service dapat menghubungi nomor dibawah ini.

Untuk konsultasi service, informasi Booking Service dan layanan Service Home Visit, Silahkan menghubungi.
Ihsan
☎️ : 087887761712

Untuk informasi Body Repair dan layanan pickup Jabodetabek, Silahkan menghubungi.
Andika
☎️ : 085799246627

Untuk informasi pembelian mobil dan layanan trade in, Silahkan menghubungi.
Customer Service
☎️ : 081319700400 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *