Cara Pasang Car Seat di Mobil Dengan Benar

Cara Pasang Car Seat di Mobil Dengan Benar

Honda Bintang – Salah satu alasan mobil menjadi moda transportasi favorit keluarga adalah daya angkutnya yang banyak, terlebih bagi mobil berjenis SUV atau MPV yang bisa membawa 6-7 orang. Meskipun menyenangkan momen berkendara bersama keluarga tetap harus memperhatikan aspek keselamatan berkendara baik bagi pengemudi maupun pengguna jalan lain.

Aspek keselamatan berkendara yang sering diabaikan adalah penggunaan seat belt atau sabuk pengaman. Namun sayangnya seat belt yang terpasang hanya diperuntukan bagi penumpang dewasa saja dan jika terdapat penumpang anak maka dianjurkan menggunakan car seat atau tempat duduk khusus anak. Berikut posisi duduk yang aman bagi anak saat naik mobil.

Baca: Tips Cara Memilih Karpet Mobil Aftermarket

1. Jangan Dipangku

Kesalahan yang sering dilakukan dan dianggap biasa adalah memangku anak di kursi depan maupun belakang. Kegiatan ini sangat berbahaya bagi anak terutama saat mobil mengalami benturan keras. Saat terjadi benturan tubuh orang dewasa akan tetap berada di posisi karena ditahan oleh seat belt sedangkan tubuh anak tidak. Terlebih perlu diingat, seat belt dirancang untuk digunakan oleh satu orang saja.

2. Gunakan Car Seat

Mulai biasakan penggunaan car seat di dalam mobil. Car seat dirancang khusus sebagai tempat duduk anak yang nyaman dan aman selama dalam perjalanan. Penggunaan car seat juga dapat meminimalisir risiko cidera pada anak saat terjadi benturan. Namun yang perlu diperhatikan adalah cara pasang car seat ke dalam mobil, selalu ikuti instruksi yang tertera pada car seat anak dan pastikan arah pemasangannya benar.

Umumnya car seat dipasang dengan posisi membelakangi mobil atau pengemudi. Tujuannya adalah agar saat terjadi benturan gaya dorong yang dihasilkan dapat terdistribusi dan ditahan oleh sandaran car seat dan tidak membahayakan anak. Lain halnya jika car seat menghadap ke depan, gaya dorong yang dihasilkan akan ditanggung oleh kepala dan leher anak.

Baca Juga: Harga Pertamax Naik, Ini Update Harga BBM Terbaru

3. Posisikan Anak di Baris Kedua

Usahakan untuk selalu menaruh anak dibaris kedua. Meskipun telah menggunakan car seat, memposisikan anak di samping pengemudi tetap saja berisiko. Dalam beberapa kasus kecelakaan, pecahan kaca depan dan daya dorong yang dihasilkan airbag menyebabkan cedera pada anak.

Itulah posisi duduk yang aman bagi anak dan cara pasang car seat di mobil. Sebagai catatan, seluruh mobil Honda telah dilengkapi dengan ISOFIX & Tether. Fitur tersebut berfungsi sebagai pengait antara car seat dengan jok mobil dengan aman dan mudah. Info lebih lanjut dapat menghubungi call center kami di bawah ini.

Untuk konsultasi service, informasi Booking Service dan layanan Service Home Visit, Silahkan menghubungi.
Ihsan
☎️ : 087887761712 

Untuk informasi Body Repair dan layanan pickup Jabodetabek, Silahkan menghubungi.
Andika
☎️ : 085799246627 

Untuk informasi pembelian mobil dan layanan trade in, Silahkan menghubungi.
Customer Service
☎️ : 081319700400 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *