Ciri-Ciri Kompresi Mesin Mobil Bocor

Ciri-Ciri Kompresi Mesin Mobil Bocor

Honda Bintang – Mobil bergerak dengan mengandalkan tekanan yang dihasilkan oleh piston pada ruang silinder untuk Mengkonversi bahan bakar menjadi daya dorong. Agar maksimal rasio jumlah udara dan bahan bakar yang masuk ke dalam ruang pembakaran harus tepat. Jika salah satu volume kedua hal tersebut ada yang kurang atau lebih, maka pembakaran tidak akan sempurna dan akan menyisakan kerak karbon.

Selain masalah rasio volume bahan bakar dan udara, kompresi atau tekanan dari piston mutlak diperlukan. Jika terjadi kebocoran kompresi pada mesin, akan berdampak pada tenaga mobil loyo dan boros bahan bakar. Setelah kemarin sempat diulas mengenai penyebab kompresi mesin mobil bocor, kali ini akan diulas tentang ciri-ciri kompresi mesin mobil bocor.

Baca: 6 Penyebab Kompresi Mesin Mobil Bocor

1. Performa Mesin Mobil Menurun

Salah satu ciri kompresi mesin mobil mengalami kebocoran adalah performa mesin mobil menurun. Penurunan performa ini terjadi lantaran tekanan udara pada silinder berkurang sehingga proses pembakaran menjadi tidak sempurna. Biasanya penurunan performa ini akan sangat terasa ketika menginjak pedal gas, mobil akan terasa lambat dan kurang responsif.

2. Boros Bahan Bakar

Ciri lain kompresi mesin mengalami kebocoran adalah konsumsi bahan bakar menjadi lebih boros. Normalnya mesin mobil telah memiliki rasio bahan bakar yang dibutuhkan untuk membuat mobil bergerak. Mobil menjadi boros disebabkan karena mesin mobil harus bekerja lebih keras untuk menghasilkan tenaga yang dibutuhkan, sehingga menyebabkan kenaikan konsumsi bahan bakar secara signifikan.

3. Suara Mesin Tidak Normal

Kebocoran kompresi mesin juga ditandai dengan suara mesin lebih kasar dan berisik. Setiap kebocoran kompresi yang terjadi pada ruang silinder akan menimbulkan suara ketukan (tik-tik) saat mesin mobil menyala. Kalau sudah sampai terdengar suara-suara aneh dari mesin mobil, segera periksakan agar tidak menimbulkan masalah lain.

Baca Juga: Penyebab Oli Mesin Bocor atau Rembes

4. Keluar Asap Putih Dari Knalpot

Selain kebocoran oli mesin, penyebab asap putih yang keluar dari knalpot bisa juga disebabkan oleh kebocoran kompresi. Asap putih yang keluar merupakan hasil dari pembakaran yang tidak sempurna karena tekanan yang diberikan oleh piston mobil kurang dari yang dibutuhkan.

Itulah ciri-ciri kompresi mesin mobil bocor yang dapat dirasakan dan diamati. Untuk lebih meyakinkan hasil diagnosa awal, teknisi profesional akan menggunakan bantuan alat pengukur tekanan di dalam silinder. Hasil pengukuran akan menjadi acuan bagi teknisi untuk mencari tahu penyebab pasti dan cara penanganan yang tepat. Info lebih lanjut, dapat menghubungi nomor dibawah ini.

Untuk konsultasi service, informasi Booking Service dan layanan Service Home Visit, Silahkan menghubungi.
Ihsan
☎️ : 087887761712 

Untuk informasi Body Repair dan layanan pickup Jabodetabek, Silahkan menghubungi.
Handoko
☎️ : 085607248417

Untuk informasi pembelian mobil dan layanan trade in, Silahkan menghubungi.
Customer Service
☎️ : 081319700400 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *