Mitos atau Fakta? Ganti Knalpot Mobil Bikin Mobil Lebih Bertenaga

Mitos atau Fakta? Ganti Knalpot Mobil Bikin Mobil Lebih Bertenaga

Honda Bintang – Memiliki mobil sudah tentu menjadi impian kebanyakan orang, terlebih jika mobil tersebut memang sesuai selera dan gaya si pemilik. Tak jarang para modifikator mobil melakukan berbagai ubahan pada kendaraannya agar sesuai dengan selera dan gaya yang diinginkan. Salah satu ubahan yang paling mudah dan sering dilakukan adalah bagian knalpot.

Bukan tanpa alasan, banyak rumor yang mengatakan bahwa mengganti knalpot mobil dapat meningkatkan performa mesin mobil. Lantas benarkah anggapan tersebut? Mari kita simak penjelasan berikut.

Baca: Mitos atau Fakta? Garansi Hangus Jika Abaikan Service 1.000 KM

Banyak hal yang harus dipertimbangkan saat ingin mengganti knalpot mobil, salah satunya soal ukuran knalpot tersebut. Knalpot aftermarket yang banyak dijual secara bebas tidak didesign spesifik untuk mengakomodir kebutuhan mesin. Diameter knalpot yang tidak sesuai malah akan membuat tenaga mobil menjadi loyo atau ngempos.

Diameter knalpot yang dimaksud meliputi diameter pipa inlet sampai tailpipe dan juga panjang tabung muffler. Untuk mobil berkapasitas 1.500 cc memerlukan back pressure dari knalpot sebagai tambahan torsi untuk berakselerasi kembali. Melansir situs Gridoto.com, untuk mesin 1.500 cc diameter pipa inlet yang direkomendasikan berukuran 1,25 inch sampai 1,5 inch dengan toleransi 0,25 inch.

Sehingga sangat disarankan untuk menggunakan knalpot dengan spesifiikasi yang tidak berbeda jauh dengan knalpot standard. Dengan penggunaan diameter knalpot yang benar, mampu mendongkrak performa mesin mobil meskipun tidak terlalu signifikan.

Demikian penjelasan mengenai diameter penggantian knalpot mobil yang tepat. Untuk informasi dan konsultasi service mobil, bisa menghubungi hotline whatsapp kami dibawah ini.

Baca Juga: Penyebab Kaliper Rem Mobil Macet dan Bahayanya

Untuk informasi Booking Service dan layanan Service Home Visit, Silahkan menghubungi.
Ihsan
☎️ : 087887761712 

Untuk informasi Body Repair dan layanan pickup Jabodetabek, Silahkan menghubungi.
Andika
☎️ : 085799246627 

Untuk informasi pembelian mobil dan layanan trade in, Silahkan menghubungi.
Costumer Service
☎️ : 081319700400 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *