Penyebab Kaliper Rem Mobil Macet dan Bahayanya

Penyebab Kaliper Rem Mobil Macet dan Bahayanya

Honda Bintang – Rem mobil menjadi salah satu komponen paling penting untuk memastikan keamanan berkendara. Tak jarang kasus kecelakaan terjadi karena rem mobil blong. Rem mobil terdiri dari serangkaian komponen yang saling terikat untuk memperlambat laju mobil, salah satunya yaitu kaliper rem mobil.

Kaliper rem berfungsi mendorong kampas rem untuk menjepit disc brake dan menahan laju mobil. Cara kerja kaliper rem sangat bergantung pada sirkulasi minyak rem dan kondisi kaliper itu sendiri. Seiring pemakaian, kaliper rem bisa saja macet karena debu dan kotoran atau bahkan karena karat.

Baca: Apakah Kerusakan Akibat Remap ECU Mobil Ter-cover Asuransi?

Pada kasus kaliper rem mobil yang berkarat, kampas rem akan menempel dengan disc brake dan jika dibiarkan akan membuat permukaan disc brake habis tidak rata. Gejala yang paling umum dirasakan saat ada masalah pada kaliper rem adalah pedal rem terasa keras saat diinjak. Meskipun begitu, tetap diperlukan adanya pemeriksaan menyeluruh untuk mencari penyebab masalah pengereman.

Sebagaimana telah disinggung sebelumnya, efektifitas kaliper rem sangat bergantung pada sirkulasi naik turun minyak rem. Maka dari itu selalu lakukan pengecekan dan perawatan secara berkala, jika ditemukan gejala permukaan disc brake tidak rata ataupun pedal rem terasa keras, segera ganti.

Demikian pembahasan mengenai penyebab kaliper rem mobil macet dan bahayanya. Untuk informasi layanan service dan home visit service, kamu bisa menghubungi hotline whatsappa kami di bawah ini.

Baca Juga: Macam-Macam Kondisi Ban Mobil Selip dan Penyebabnya

Untuk informasi Booking Service dan layanan Service Home Visit, Silahkan menghubungi.
Ihsan
☎️ : 087887761712 

Untuk informasi Body Repair dan layanan pickup Jabodetabek, Silahkan menghubungi.
Andika
☎️ : 085799246627 

Untuk informasi pembelian mobil dan layanan trade in, Silahkan menghubungi.
Costumer Service
☎️ : 081319700400 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *