Segini Batas Aman Mobil Lewati Genangan Air

Segini Batas Aman Mobil Lewati Genangan Air

Honda Bintang – Beberapa wilayah di Indonesia telah memasuki musim hujan. Intensitas hujan yang tinggi dibeberapa wilayah tak jarang menciptakan genangan air di sebagian ruas jalan atau bahkan menutupi seluruh jalan. Terlebih jika jalan tersebut memiliki sistem drainase yang buruk sehingga debit air yang menggenang semakin tinggi.

Pengemudi dihimbau untuk mencari jalur alternatif lain untuk menghindari genangan. Meskipun begitu, ada beberapa alasan yang membuat pengemudi nekat melewati genangan air tersebut. Saat melewati genangan air sebaiknya perkirakan dengan baik ketinggian debit air yang menggenang, jangan sampai malah merusak mobil.

Baca: Menerjang Banjir? Cek 3 Komponen Ini Sebelum Rusak

Dilansir dari berbagai sumber, ketinggian debit air yang aman untuk dilewati oleh mobil adalah sekitar 50 cm atau setengah roda. Jika tinggi genangan lebih dari itu dikhawatirkan air akan terhisap oleh intake dan bercampur dengan pelumas mesin. Air yang bercampur dengan pelumas dan masuk ke ruang bakar akan merusak piston dan berpotensi membuat blok mesin pecah.

Selain resiko kerusakan mesin, air yang masuk kedalam kabin juga berpotensi merusak sistem kelistrikan mobil. Beberapa komponen elektrik seperti modul airbag, kabel dan sound system bisa rusak saat terkena air. Kalau sudah seperti itu, sebaiknya segera periksakan mobil ke bengkel resmi terdekat agar tidak semakin parah.

Baca Juga: Bolehkah Mencuci Ruang Mesin Mobil?

Di musim hujan ini, Honda Bintang Cimone mempunyai program layanan emergency dan home visit. Selain kedua layanan tersebut, kami juga menawarkan fasilitas layanan antar jemput bagi konsumen yang ingin melakukan service mobil di Honda Bintang Cimone. Untuk mengakses semua layanan tersebut, konsumen hanya perlu menghubungi hotline whatsapp kami dibawah ini.

Untuk informasi Booking Service dan layanan Service Home Visit, Silahkan menghubungi.
Ihsan
☎️ : 087887761712

Untuk informasi Body Repair dan layanan pickup Jabodetabek, Silahkan menghubungi.
Andika
☎️ : 085799246627 

Untuk informasi pembelian mobil dan layanan trade in, Silahkan menghubungi.
Costumer Service
☎️ : 081319700400 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *