Ciri Transmisi Matic Overheat dan Penyebabnya

Ciri Transmisi Matic Overheat dan Penyebabnya

Honda Bintang – Saat ini mobil transmisi matic semakin diminati terutama bagi masyarakat yang tinggal di wilayah perkotaan. Kondisi lalu lintas yang padat membuat pengendara harus mengalami keadaan stop and go saat berkendara. Trend ini semakin didukung oleh para produsen mobil yang selalu menghadirkan varian matic dalam setiap modelnya.

Meskipun begitu, mobil matic membutuhkan sedikit perawatan ekstra terutama pada bagian girboks transmisi. Hal itu bukan tanpa sebab, biaya perbaikan girboks transmisi matic sedikit lebih mahal dibandingkan transmisi manual. Tentu saja hal tersebut berbanding lurus dengan kenyamanan dan akselerasi yang didapatkan, baik yang bertipe AT, CVT, DCT dan AMT.

Baca: 5 Masalah yang Sering Terjadi Pada Mobil Matic

Ciri-Ciri Transmisi Matic Overheat dan Cara Mengatasinya

Transmisi matic overheat bisa disebabkan oleh intensitas pemakaian mobil secara terus menerus tanpa henti. Lama-kelamaan komponen gear dalam girboks bisa aus karena gesekan tinggi atau body valve yang jebol karena panas.

Ciri awal yang dapat dikenali saat transmisi matic mengalami overheat adalah munculnya indikator peringatan di panel instrumen. Biasanya akan muncul simbol gear berwarna kuning di layar MID yang menandakan bahwa suhu transmisi tinggi. Ciri lain yang bisa diamati saat transmisi matic sudah overheat adalah terjadinya slip. Slip pada transmisi matic ditandai dengan peningkatan putaran mesin secara cepat namun tidak dibarengi dengan peningkatan kecepatan mobil. 

Kalau sudah seperti itu, hal pertama yang harus dilakukan adalah segera cari tempat aman untuk berhenti. Saat mobil telah berhenti, posisikan tuas transmisi ke posisi N (Netral) dan biarkan mesin dalam kondisi menyala selama 15 sampai 30 menit.

Baca Juga: Benarkah Biaya Perawatan Mobil Matic Lebih Mahal?

Meninggalkan mesin tetap dalam keadaan hidup berguna untuk tetap menjaga sirkulasi oli transmisi di dalam girboks. Oli transmisi menghasilkan tekanan dari putaran mesin saat menyala, tekanan ini berguna untuk membantu sirkulasi oli transmisi ke cooling system sampai suhu girboks kembali normal.

Terakhir, jika transmisi matic pernah mengalami overheat, segera kuras oli transmisi dan ganti dengan yang baru. Saat menerima berlebih, kualitas oli transmisi akan jauh berkurang dan bisa saja menyebabkan kejadian serupa dikemudian hari.

Untuk informasi Booking Service dan layanan Service Home Visit, Silahkan menghubungi.
Ihsan
☎️ : 087887761712

Untuk informasi Body Repair dan layanan pickup Jabodetabek, Silahkan menghubungi.
Andika
☎️ : 085799246627

Untuk informasi pembelian mobil dan layanan trade in, Silahkan menghubungi.
Costumer Service
☎️ : 081319700400 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *