Tips Aman Saat Terpaksa Menghantam Lubang di Jalan

Tips Aman Saat Terpaksa Menghantam Lubang di Jalan

Honda Bintang – Saat berkendara tentu sering dijumpai jalanan rusak bahkan sampai bergelombang, celakanya sering kali kita tidak sempat menghindarinya. Banyak faktor penyebab jalanan rusak atau berlubang, mulai dari kualitas bahan material buruk, bobot kendaraan yang melintas terlalu berat sampai genangan air.

Tak jarang kita sebagai pengemudi tidak sengaja menghantam lubang tersebut karena tidak melihatnya. Sebaiknya selalu perhatikan jarak aman mobil kita dengan kendaraan lain agar tersedia cukup ruang dan waktu untuk merespon situasi di jalan. Lantas bagaimana jika kita tidak memiliki cukup waktu untuk merespon dan terpaksa menghantam lubang di jalan?.

Baca: Fungsi dan Penyebab Kerusakan Engine Mounting Mobil

Tips Aman Melewati Lubang di Jalan

Sony Susmana, Training Director Safety Defense Consultant Indonesia (SDCI) menyarankan untuk tidak langsung menginjak pedal rem sesaat setelah menghantam lubang. Sony menjelaskan, reflek pengemudi saat menginjak pedal rem setelah menghantam lubang malah akan memperparah kerusakan ban, pelek, dan kaki-kaki mobil.

Ketika melewati jalan berlubang, ada momentum roda bergerak bebas sebelum jatuh ke dalam lubang. Putaran roda akan tertahan saat pengemudi menginjak rem sehingga beban impact akan tertumpu pada satu titik. Dalam kondisi tersebut energi yang diterima dari hantaman lubang akan langsung diterima oleh pelek hingga sambungan roda pada kaki-kaki mobil.

Lain halnya saat roda dibiarkan bebas tanpa menginjak rem. Impact energi benturan yang diterima roda akan disebarkan melalui putaran roda sehingga energi hantaman dapat diserap dan meminimalisir risiko kerusakan.

Lebih lanjut Sony juga menyarankan untuk memperlambat laju mobil sesaat sebelum melewati lubang. Karena bagaimanapun, mengendarai mobil di atas jalan berlubang secara terus-menerus akan tetap menimbulkan kerusakan pada mobil. Maka dari itu penting bagi pengendara untuk menjaga jarak satu sama lainnya.

Baca Juga: Atasi Indent terlalu Lama, Honda Siapkan Varian Warna Baru HRV

Ketika sudah terlanjur terjadi kerusakan, percayakan perbaikan mobilmu kepada bengkel resmi terpercaya. Honda Bintang Cimone sebagai salah satu dealer resmi Honda di Tangerang berkomitmen untuk memberikan pelayanan aftersales terbaik kepada seluruh konsumen Honda. Kamu bisa berkonsultasi dan menjadwalkan perbaikan mobil mu melalui call center kami.

Untuk konsultasi service, informasi Booking Service dan layanan Service Home Visit, Silahkan menghubungi.
Ihsan
☎️ : 087887761712

Untuk informasi Body Repair dan layanan pickup Jabodetabek, Silahkan menghubungi.
Andika
☎️ : 085799246627 

Untuk informasi pembelian mobil dan layanan trade in, Silahkan menghubungi.
Costumer Service
☎️ : 081319700400 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *