3 Tanda Kamu Harus Mengganti Kaca Film Mobil

3 Tanda Kamu Harus Mengganti Kaca Film Mobil

Honda Bintang – Penggunaan kaca film pada mobil seperti sudah menjadi sebuah keharusan. Selain untuk mereduksi sinar matahari yang masuk ke dalam kabin, penggunaan kaca film pada mobil bertujuan untuk menjaga privasi pengemudi dan penumpang. Meskipun begitu, penggunaannya telah diatur dalam Surat Keputusan Menteri Perhubungan mengenai penggunaan kaca pada kendaraan.

Dalam Surat Keputusan Menteri Perhubungan Nomor KM. 439/U/Phb-76 tentang Penggunaan Kaca Pada Kendaraan Bermotor dijelaskan bahwa, penggunaan kaca berwarna atau pelapis kaca yang berwarna (film coating) tidak boleh melebih 70 persen. Khusus untuk bagian kaca depan dan belakang tingkat kegelapannya tidak boleh lebih dari 40 persen.

Baca: 10 Jenis Pelanggaran yang Terekam Kamera Tilang Elektronik

Selayaknya komponen pada mobil, kaca film juga memiliki jangka waktu pemakaian dan harus diganti jika sudah mencapai masanya. Umumnya masa pakai kaca film antara 4 sampai 5 tahun, berikut 3 tanda kamu harus mengganti kaca film pada mobilmu.

1. Terlihat Warna Kebiruan atau Keunguan

Ciri pertama yang bisa kamu amati adalah perubahan warna pada kaca film mobil. Umumnya pada kaca film akan muncul warna kebiruan atau ungu yang menjadi pertanda kaca film harus diganti. Perubahan warna ini bisa membuat kabin terasa lebih panas karena kaca film sudah kehilangan kemampuannya untuk mereduksi panas sinar matahari.

2. Terlihat Kusam

Ciri selanjutnya adalah kaca film akan terlihat kusam. Jika kamu melihat adanya perubahan warna atau ada bagian yang terkelupas dan terdapat gelembung udara pada kaca film, maka itu tanda kamu harus segera mengganti kaca film.

Baca Juga: Kenali 4 Efek Buruk Kemacetan Pada Kendaraan

3. Visibilitas Berkurang

Ciri terakhir kaca film harus segara diganti adalah berkurangnya visibilitas. Biasanya hal ini akan terlihat pada malam hari ketika cahaya lain menyorot ke arah mobil kita, cahaya akan terlihat berpencar dan mengganggu pandangan pengemudi. Sebaiknya segera lakukan penggantian kaca film saat dirasa sudah mengganggu ataupun mengurangi visibilitas berkendara.

Demikian 3 tanda kamu harus mengganti kaca film pada mobilmu. Untuk informasi dan layanan darurat silahkan menghubungi hotline whatsapp kami.

Untuk informasi Booking Service dan layanan Service Home Visit, Silahkan menghubungi.
Ihsan
☎️ : 087887761712 

Untuk informasi Body Repair dan layanan pickup Jabodetabek, Silahkan menghubungi.
Andika
☎️ : 085799246627

Untuk informasi pembelian mobil dan layanan trade in, Silahkan menghubungi.
Costumer Service
☎️ : 081319700400 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *