Antisipasi Rem Blong, Begini Cara Melakukan Engine Brake Mobil Matic

Antisipasi Rem Blong, Begini Cara Melakukan Engine Brake Mobil Matic

Honda Bintang – Akhir-akhir ini banyak kasus kecelakaan lalu lintas yang terjadi. Penyebabnya beragam mulai dari kelalaian pengendara, kontur jalan, visibilitas pengendara dll. Namun hampir sebagian besar penyebab kecelakaan adalah karena rem blong.

Jusri Pulubuhu, instruktur Jakarta Defensive Driving Consultant (JDDC) menjelaskan penyebab terjadinya rem blong. Rem blong bisa terjadi ketika pengendara melakukan pengereman dalam kecepatan yang cukup tinggi. Panas yang dihasilkan saat terjadi gesekan pada konstruksi rem, dapat membuat daya penyerapan perlambatan menjadi berkurang.

Baca: Kendaraan Dipinjam, Siapa Yang Harus Bayar Denda Tilang Elektronik

Oleh karenanya, pengemudi dianjurkan melakukan engine brake untuk meringankan beban kerja rem utama. Ada kekhawatiran di kalangan pengguna mobil matic, saat melakukan engine brake.

Pengguna mobil matic khawatir, dengan melakukan engine brake dapat merusak gearbox mobil. Anggapan ini tidak sepenuhnya benar, jika engine brake dilakukan dengan benar tidak akan merusak gearbox. Malah akan memperlambat laju mobil.

Kali ini, mari kita pahami cara kerja dan penggunaan engine brake pada mobil matic.

Baca Juga: Jangan Lakukan! Berikut Penyebab Gugurnya Garansi Resmi Mobil

1. Cara Kerja Engine Brake

Engine brake adalah teknik menurunkan kecepatan selain menggunakan rem utama. Caranya dengan menurunkan tuas persneling ke gigi yang lebih rendah. Teknik ini sangat berguna saat melewati turunan curam atau saat mengalami rem blong di jalanan lurus.

2. Bagaimana Cara Melakukan Engine Brake Pada Mobil Matic

Pertama, turunkan tuas persneling dari D ke posisi 3-2. Dengan cara ini, laju mobil akan akan sedikit melambat tanpa harus menginjak pedal rem. Jika dirasa mobil masih terlalu cepat, pindahkan tuas persneling ke posisi paling rendah L (low). Dengan begitu, kinerja rem utama akan berkurang.

Perlu diingat, pindahkan tuas persneling secara bertahap. Dalam pengaplikasiannya, pengemudi tetap dianjurkan untuk menginjak pedal rem supaya gearbox tidak panas. Lakukan dengan benar agar terhindar dari kerusakan transmisi matic.

Baca: 5 Fakta Menarik All New Honda BRV Yang Jarang Diketahui

Untuk informasi Booking Service dan layanan Service Home Visit, Silahkan menghubungi.
Ihsan
☎️ : 087887761712

Untuk informasi Body Repair dan layanan pickup Jabodetabek, Silahkan menghubungi.
Andika
☎️ : 085799246627

Untuk informasi pembelian mobil dan layanan trade in, Silahkan menghubungi.
Costumer Service
☎️ : 081319700400

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *