Apa Itu Hill Start Assist? Bagaimana Cara Kerjanya

Apa Itu Hill Start Assist? Bagaimana Cara Kerjanya

Honda Bintang – Jalur ekstrem dengan kontur jalanan menurun dan menanjak menjadi momok yang cukup menakutkan bagi sebagian pengemudi mobil. Tak hanya kondisi mobil harus prima, pengemudi juga dituntut cekatan dalam memainkan pedal rem dan gas agar mobil tidak kehilangan tenaga. Baik mobil manual ataupun mobil matic, keduanya sama-sama memiliki potensi kehilangan tenaga saat menanjak ketika pengemudi kurang cekatan memainkan pedal rem dan gas.

Dalam kondisi macet di jalan menanjak, mobil bisa saja mundur jika timing perpindahan pedal rem dan gas tidak tepat. Oleh sebab itu saat ini banyak digunakan fitur keselamatan tambahan bernama Hill Start Assist (HSA) atau Hill Hold Control (HHC), fitur ini banyak digunakan di berbagai mobil keluaran terbaru.

Baca: Apa Itu Honda LaneWatch dan Bagaimana Cara Kerjanya?

Apa Fungsi Hill Start Assist (HSA)?

Hill Start Assist (HSA) atau Hill Hold Control (HHC) adalah fitur keselamatan berkendara mutakhir yang mampu menahan posisi mobil tetap diam saat di tanjakan. HSA berkeja dengan menggunkaan G sensor yang terhubung dengan ECU mobil, saat HSA aktif ECU akan mengirim perintah kepada pompa ABS untuk mempertahankan tekanan minyak rem pada masing-masing roda.

Disampin itu, HSA akan berkolaborasi dengan TCS (Traction Control System) untuk menjaga traksi ban mobil agar tidak selip saat jalanan licin atau pedal gas diinjak terlalu dalam. Dalam penggunaannya tidak ada tombol khusus yang harus ditekan, pengemudi tinggal menginjak pedal rem saat berhenti di tanjakan tanpa harus menarik rem tangan. Fitur ini akan menahan posisi mobil selama beberapa saat dan memberikan cukup waktu bagi pengemudi untuk beralih ke pedal gas tanpa takut mobil mundur.

Honda selalu berkomitmen untuk menghadirkan mobil yang aman dan nyaman untuk dikendarai. Hal itu dibuktikan dengan penyematan fitur Hill Start Assist (HSA) di seluruh tipe mobil Honda bertransmisi CVT. Selain itu, Honda juga menyematkan teknologi keselamatan terkini yang diberi nama Honda Sensing pada beberapa model keluaran terbaru.

Baca Juga: Berapa Konsumsi BBM Honda City Hatchback, Boros atau Irit?

Beberapa model yang sudah dilengkapi teknologi Honda Sensing diantaranya, All New Honda BR-V, All New Honda HR-V, Honda WR-V, Honda City Hatchback RS, All New Honda Accord dan All New Honda Civic RS. Tunggu apalagi, segera miliki mobil impianmu sekarang juga.

Untuk informasi Booking Service dan layanan Service Home Visit, Silahkan menghubungi.
Ihsan
☎️ : 087887761712

Untuk informasi Body Repair dan layanan pickup Jabodetabek, Silahkan menghubungi.
Andika
☎️ : 085799246627

Untuk informasi pembelian mobil dan layanan trade in, Silahkan menghubungi.
Costumer Service
☎️ : 081319700400

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *