Ingat lagi Apa Itu Tilang ETLE dan Cara Kerjanya

Ingat lagi Apa Itu Tilang ETLE dan Cara Kerjanya

Honda Bintang – Belum lama ini Kepolisian Republik Indonesia (POLRI) memperkenalkan metode baru dalam menindak pelanggaran lalu lintas. Metode ini mulai diterapkan di beberapa daerah sambil terus di evaluasi secara berkala.

Tilang elektronik atau Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) mulai digunakan sebagai bentuk pencegahan terhadap pungli sekaligus guna mempersempit ruang gerak oknum Polantas nakal. Setidaknya telah ada 92 titik di DKI Jakarta dan sekitarnya yang sudah dipasangi kamera ETLE.

Lalu Apa Itu Tilang ETLE dan Bagaimana Cara Kerjanya

Dilansir dari berbagai sumber tilang elektronik atau ETLE merupakan sistem penegakan hukum berbasis daring dengan mengandalkan teknologi bantuan kamera untuk menangkap gambar pelanggar.

Nantinya setiap pelanggar yang tertangkap kamera ETLE akan mendapatkan notifikasi berupa email ataupun surat yang dikirimkan ke alamat pelanggar sesuai dengan nomor polisi kendaraan. Meskipun sudah berjalan, sistem ini masih terus dikembangkan untuk menghindari kesalahan data pengendara agar akurat dan tepat sasaran. Salah satu hal yang dilakukan adalah dengan mencantumkan alamat email dan nomor telephone aktif di BPKB.

Baca: 10 Jenis Pelanggaran yang Terekam Kamera Tilang Elektronik

Terbaru, Polri meluncurkan 11 kamera ETLE mobile yang telah dilengkapi dengan teknologi kecerdasan buatan (Artificial Intelligence). Langkah ini diambil karena banyak masayarakat yang memalsukan atau melepas pelat nomor kendaraan guna menghindari tilang elektronik. Kamera ETLE mobile terbaru mampu mendeteksi wajah pengendara yang kemudian dihubungkan ke data kependudukan Disdukcapil untuk diidentifikasi.

Tak hanya sampai disitu, Dinas Perhubungan DKI Jakarta telah menyiapkan 70 unit kamera ETLE statis yang akan dipasang mulai tahun 2023 mendatang. Jumlah ini akan terus bertambah seiring pemberlakuan tilang elektronik secara nasional.

Demikian penjelasan mengenai tilang ETLE dan cara kerjanya. Pastikan selalu patuhi rambu lalu lintas yang berlaku dan gunakan sabuk pengaman. Untuk info seputar promo dan paket pembelian Honda, bisa menghubungi hotline whatsapp kami dibawah ini.

Baca Juga: Diperluas, Berikut Lokasi Kamera ETLE di Jakarta dan Sekitarnya

Untuk informasi Booking Service dan layanan Service Home Visit, Silahkan menghubungi.
Ihsan
☎️ : 087887761712 

Untuk informasi Body Repair dan layanan pickup Jabodetabek, Silahkan menghubungi.
Andika
☎️ : 085799246627

Untuk informasi pembelian mobil dan layanan trade in, Silahkan menghubungi.
Costumer Service
☎️ : 081319700400 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *