Manfaat Spooring dan Balancing Ban Mobil

Honda Bintang – Ban merupakan bagian yang amat sangat penting untuk di perhatikan di karenakan langsung bersinggungan denga jalan, berikut beberapa manfaat melakukan spooring dan balancing pada ban mobil untuk menghindari kendala yg terjadi pada ban kendaraan kita ya, Honda Lovers !

Baca: Biaya Spooring dan Balancing Terbaru

Manfaat Spooring dan Balancing Ban Mobil

Seperti telah disinggung sebelumnya, spooring dan balancing ban mobil bertujuan untuk memberikan rasa aman dan nyaman selama berkendara. Selain itu, manfaat lain dari keduanya adalah sebagai berikut.

1. Meningkatkan Efisiensi Bahan Bakar

Perputaran ban mobil secara tidak langsung akan mempengaruhi konsumsi bahan bakar mobil. Ketika tingkat keselarasan dan keseimbangan ban mobil bermasalah, proses perputaran ban mobil menjadi terganggu yang kemudian berimbas pada kinerja mesin menjadi lebih keras dari biasanya. Semakin besar tenaga yang dibutuhkan untuk membuat mobil bergerak maka semakin banyak juga bahan bakar yang masuk kedalam ruang pembakaran.

2. Memperpanjang Usia Ban Mobil

Manfaat lain dari melakukan spooring dan balancing adalah usia pakai ban menjadi lebih panjang. Jika ban mobil rutin dilakukan pengecekan maka posisi ban mobil akan menapak dengan sempurna sehingga tingkat keausan permukaan ban menjadi lebih merata.

Ciri Mobil Butuh Spooring dan Balancing

Sebenarnya tidak ada anjuran resmi kapan waktu yang tepat yang tepat untuk melakukan spooring dan balancing, keduanya tergantung kondisi mobil itu sendiri. Namun ada beberapa kondisi yang memang mangharuskan mobil menjalani proses spooring dan balancing.

1. Setir Mobil Bergetar

Ciri pertama adanya masalah pada ban mobil adalah setir terasa bergetar saat dikemudikan. Getaran ini diakibatkan oleh tingkat keausan ban mobil yang tidak merata dan hanya terjadi di satu sisi saja, masalah ini cenderung terjadi di bagian ban depan yang langsung terhubung dengan mekanisme kemudi mobil.

2. Setir Terasa Berat

Ciri lain mobil butuh spooring dan balancing adalah setir terasa berat, sistem kemudi mobil sangat terpengaruh oleh kondisi ban. Setir akan terasa semakin berat ketika mobil dalam kondisi berbelok dan setir akan terasa sulit diluruskan kembali.

3. Setir Mobil Cenderung ke Arah Kanan atau Kiri

Ciri selanjutnya adalah mobil yang sulit dikendalikan dan cenderung akan mengarah ke satu sisi kanan atau kiri. Car mengeceknya pun cukup mudah, jalankan mobil jalan mendatar dengan kecepatan rendah kemudian pindahkan tangan dari setir kemudi. Jika mobil cenderung mengarah ke satu sisi maka bisa dipastikan ada masalah terhadap keseimbangan dan keselarasan ban mobil.

Baca Juga: Berapa Lama Masa Pakai Ban Mobil dan Kapan Harus Diganti?

4. Ban Aus Tidak Merata

Ciri terakhir saat mobil butuh spooring dan balancing dapat dilihat dari tingkat keausan ban yang tidak rata. Dalam kondisi normal tingkat keausan ban mobil akan sama rata antara depan dan belakang maupun sini luar dan dalam mobil, namun jika terdapat masalah maka hanya ada satu sisi bagian ban mobil saja yang mengalami aus.

Demikian 7 tanda mobil kamu butuh mendapatkan perawatan spooring dan balancing. Pastikan mobilmu selalu dalam kondisi terbaik dengan melakukan perawatan berkala secara rutin. Honda Bintang Cimone menyediakan beragam promo perawatan servis berkala, termasuk pengecekan kaki-kaki dan roda mobil.

Untuk informasi Booking Service dan layanan Service Home Visit, Silahkan menghubungi.
Ihsan
☎️ : 087887761712 

Untuk informasi Body Repair dan layanan pickup Jabodetabek, Silahkan menghubungi.
Andika
☎️ : 085799246627 

Untuk informasi pembelian mobil dan layanan trade in, Silahkan menghubungi.
Costumer Service
☎️ : 081319700400 

Mau Langsung Hub Petugas Kami (Sales, Service Advisor Bengkel ataupun Service Advisor Body Paint,

Klik tel.hondabintang.com untuk akses langsung !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *