Pengertian dan Bahaya Stall Speed Pada Mobil

Pengertian dan Bahaya Stall Speed Pada Mobil

Honda Bintang – Transmisi otomatis semakin diminati, kenyamanan dan kemudahan pengoperasian menjadi alasan utama memilih mobil matic. Tak seperti mobil manual yang memerlukan kelihaian dan timing yang pas untuk menyeimbangkan kaki di pedal kopling dan gas, mengendarai mobil matic cukup dengan menginjak pedal gas saja.

Meskipun terlihat mudah, tetap dibutuhkan kejelian dan ketenangan agar laju mobil tetap terkendali dan memperpanjang usia mobil. Namun masih ada saja beberapa perilaku pengendara mobil matic yang salah dan malah menyebabkan kerusakan, salah satunya adalah stall speed.

Baca: 6 Cara Merawat Power Steering Agar Tahan Lama

Pengertian Stall Speed dan Bahayanya

Stall speed sendiri merupakan suatu kondisi pada mobil matic dimana tuas transmisi masuk ke posisi D (drive) dibarengi dengan menginjak pedal gas, namun laju mobil ditahan oleh rem.

Kondisi ini sangat membahayakan terutama bagi girboks transmisi. Salah satu komponen yang akan rusak adalah torque converter, torque converter sendiri bertugas sebagai peredam getaran sehingga perpindahan gigi terasa halus.

Putaran torque converter yang tinggi tapi tidak dibarengi dengan gerakan girboks akan membebani torsi mesin. Dampaknya girboks akan menjadi semakin panas dan rusak akibat dari tekanan oli transmisi dan gesekan plat kopling yang tertahan.

Meskipun memiliki efek negatif bagi mobil, stall speed berguna untuk mengecek kekuatan serta kondisi transmisi otomatis pada mobil lawas. Dari stall speed, akan diketahui seberapa besar kekuatan torque converter dan tekanan oli yang mengalir ke sleve clutch dari torque converter.

Baca Juga: Ada Suara Gemlodak Saat Lewat Jalan Berlubang, Cek 3 Komponen Ini

Cara Menghindari Stall Speed

Dilansir dari berbagai sumber, stall speed dapat dihindari dengan tidak menaruh kaki kiri di pedal rem. Pengendara cenderung akan menggunakan kaki kiri jika ditaruh di pedal rem, kebiasaan ini bisa menyebabkan stall speed karena pedal rem dan redal gas diinjak berbarengan.

Demikian penjelasan mengenai stall speed, bahayanya dan cara menghindarinya. Untuk konsultasi service dan promo paket penjualan bisa menghubungi hotline whatsapp dibawah ini.

Untuk informasi Booking Service dan layanan Service Home Visit, Silahkan menghubungi.
Ihsan
☎️ : 087887761712

Untuk informasi Body Repair dan layanan pickup Jabodetabek, Silahkan menghubungi.
Andika
☎️ : 085799246627

Untuk informasi pembelian mobil dan layanan trade in, Silahkan menghubungi.
Costumer Service
☎️ : 081319700400 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *