Selesai Mudik? Periksa Kembali 5 Komponen Mobil Ini

Honda Bintang – Periode libur lebaran dan cuti bersama telah berakhir, para pemudik mulai kembali ke ibu kota setelah berlebaran di kampung halaman. Berdasarkan data yang dirilis oleh Mabes Polri, kurang lebih ada sekitar 37.559 kendaraan yang telah kembali ke ibu kota.

Musim mudik tahun ini masih didominasi oleh kendaraan pribadi baik motor ataupun mobil. Maka tak heran, bengkel mobil mulai kebanjiran pelanggan usai musim mudik lebaran berakhir. Pasalnya mobil yang telah usai digunakan untuk mudik lebaran, membutuhkan pemeriksaan dan perawatan lebih.

Baca: Target Pasar Milenial, Honda Segarkan tampilan Honda Brio RS

Berikut 5 check list item mobil yang harus diperiksa setelah mudik lebaran.

1. Kopling Mobil

Bagi pengguna mobil manual, salah satu komponen mobil yang harus di cek setelah perjalanan jauh adalah kopling. Kondisi lalu lintas yang padat memaksa pengemudi untuk mengatur ritme injakan pedal gas, kopling dan rem secara teratur. Kebiasaan menginjak setengah kopling dapat mempercepat keausan kampas kopling dan merusak kopling mobil.

2. Oli Mesin & Transmisi

Setelah selesai melakukan perjalanan mudik, periksa level dan kualitas oli mesin & transmisi mobil kamu. Kondisi lalu lintas yang padat dan suhu panas yang ekstrem dapat menurunkan kualitas pelumasan oli. Hal itu bisa dilihat dari warna oli tersebut, jika warna oli telah berubah menjadi lebih gelap maka harus segera diganti agar tidak meninggalkan kerak di mesin.

3. Air Wiper

Item selanjutnya adalah air wiper, air wiper berfungsi untuk mengangkat debu dan kotoran yang menghalangi visibilitas pengemudi. Namun sebaiknya perhatikan juga cairan yang digunakan, usahakan untuk selalu menggunakan cairan khusus wiper mobil.

Baca Juga: Biaya Cat Mobil Full Body

4. Air Radiator

Selain oli dan kopling mobil, komponen mesin lainnya yang tak kalah penting adalah air radiator. Air radiator bertugas sebagai pendingin mesin mobil, kekurangan air radiator dapat menyebabkan overheat pada mesin.

5. Minyak Rem

Selanjutnya ada minyak rem, sistem pengereman mobil bekerja dengan mengandalkan daya dorong yang dihasilkan oleh piston untuk menjepit disc brake. Minyak rem bertugas untuk melumasi piston rem mobil agar tidak macet.

Kalau kamu mengalami kesulitan dan tidak memiliki banyak waktu, Honda Bintang Cimone siap membantu anda. Kami menyediakan layanan antar jemput mobil towing bagi anda, baik service ataupun body repair. Kami juga menyediakan layanan service home visit untuk pengecekan awal dan servis ringan.

Untuk informasi Booking Service dan layanan Service Home Visit, Silahkan menghubungi.
Ihsan
☎️ : 087887761712

Untuk informasi Body Repair dan layanan pickup Jabodetabek, Silahkan menghubungi.
Andika
☎️ : 085799246627

Untuk informasi pembelian mobil dan layanan trade in, Silahkan menghubungi.
Costumer Service
☎️ : 081319700400

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *