Teknik Pengereman Mobil Manual yang Tepat

Teknik Pengereman Mobil Manual yang Tepat

Honda Bintang – Tak seperti mengendarai mobil matic, mengendarai mobil manual membutuhkan skill tersendiri agar mobil melaju mulus. Kemampuan menyeimbangkan kaki saat menginjak pedal kopling, rem dan gas mutlak diperlukan supaya mesin mobil tidak mati. Skill pengemudi akan diuji saat melewati jalanan curam dengan menggunakan mobil manual.

Tak hanya saat hendak berjalan, mobil manual juga memerlukan teknik berkendara yang tepat saat ingin melakukan pengereman agar berhenti sempurna. Saat ini ada dua teknik pengereman yang kerap digunakan oleh pengendara saat ingin melakukan deselerasi pada mobil manual. Pertama yaitu dengan menginjak pedal kopling dahulu kemudian rem, kedua yaitu dengan menginjak pedal rem dahulu baru kopling.

Baca: Penyebab dan Cara Mengatasi Mobil Overheat Saat di Jalan 

Mana yang Lebih Tepat, Rem Dulu atau Kopling Dulu?

Untuk menjawabnya, Sony Susmana Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI), menjelaskan bahwa cara yang kedua lebih dianjurkan untuk mengurangi kecepatan pada mobil manual. Dengan menginjak pedal rem lebih dulu akan membuat mobil berangsur-angsur berhenti dengan mulus dan terukur.

Pada saat pedal rem diinjak perlahan, mobil tidak akan langsung berhenti melainkan memperlambat lajunya. Kebiasaan ini juga dapat mengoptimalkan penggunaan bahan bakar sehingga konsumsi bahan bakar menjadi lebih irit. Keuntungan lainnya adalah untuk meringankan beban sistem pengereman karena dibantu dengan engine brake.

Dampak buruk dari kebiasaan menginjak pedal kopling dulu sebelum rem adalah memperpendek usia pemakaian kampas kopling. Meskipun kampas kopling mobil termasuk komponen fast moving, penggunaan yang salah dan asal dapat mempercepat keausan kampas kopling.

Baca Juga: Antisipasi Rem Blong, Begini Cara Melakukan Engine Brake Mobil Matic

Demikian penjelasan mengenai teknik pengereman mobil manual yang benar. Pastikan kondisi sistem pengereman mobilmu dalam keadaan baik dengan rutin mengecek kampas rem, minyak rem dan ban mobilmu. Untuk konsultasi dan informasi service, bisa langsung menghubungi hotline whatsapp dibawah ini.

Untuk informasi Booking Service dan layanan Service Home Visit, Silahkan menghubungi.
Ihsan
☎️ : 087887761712 

Untuk informasi Body Repair dan layanan pickup Jabodetabek, Silahkan menghubungi.
Andika
☎️ : 085799246627 

Untuk informasi pembelian mobil dan layanan trade in, Silahkan menghubungi.
Costumer Service
☎️ : 081319700400 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *