Tips Berkendara Saat Di Puncak

Pengendara yang antri memasuki kawasan wisata puncak cisarua bogor
Kemacetan di jalur puncak Bogor saat long weekend Sumber. kompas.com

Honda Bintang – Akhir pekan kemarin yang bertepatan dengan long weekend menjadi kesempatan bagi warga untuk berlibur bersama keluarga sebelum pengetatan kembali PPKM.

Kawasan wisata puncak cisarua Bogor menjadi opsi terbaik bagi warga Jakarta dan sekitarnya, selain karena jarak tempuh yang relatif dekat, suasana sejuk khas pegunungan menjadi daya tarik utama bagi warga untuk berkunjung.

Baca Juga: Tarif General Check Up Honda Bintang Cimone

Tak heran kemacetan yang sering terjadi di kawasan wisata puncak Cisarua Bogor disebabkan oleh tingginya antusiasme warga untuk berkunjung kesana. Kondisi pengendara yang kelelahan dan kondisi kendaraan yang kurang optimal tak jarang menyebabkan kecelakaan lalu lintas. Lantas bagaimana cara berkendara yang baik terutama saat terjebak kemacetan di jalan yang curam (tanjakan/turunan)?.

Jika anda pengguna mobil manual maka ada beberapa hal yang harus anda lakukan saat berkendara di jalan yang menanjak ataupum menurun.

1. Teknik Setengah Kopling

Anda dapat menggunakan cara ini saat terjebak kemacetan di jalan menanjak. caranya adalah kaki kiri menginjak setengah jarak kopling dan kaki kanan menginjak pedal gas. Mobil akan berhenti di posisi stand by tetapi perlu diingat untuk tidak terlalu lama berada dalam posisi ini karena dapat mengakibatkan boros bahan bakar dan kampas kopling cepat aus.

2. Gunakan rem Kaki Untuk Saat Berhenti Untuk Waktu Yang Singkat

Menginjak pedal kopling terlalu lama dapat menyebabkan pedal kopling cepat aus. Kamu bisa menggunakan teknik pengereman kaki dan kombinasi permainan pedal gas dan kopling. Cara ini bisa digunakan jika jalanan dalam kondisi padat merayap agar tidak mengahambat pergerakan mobil di belakang.

Baca: Apa itu microsleep? apakah berbahaya bagi pengendara

3. Beri Jarak Dengan Kendaraan Lain

Agar lebih aman sebaiknya berikan jarak antara mobil depan dan belakang anda. Ini bertujuan untuk mengantisipasi jika mobil anda atau mobil di depan anda tidak kuat menanjak dan kembali mundur.

4. Cara menggunakan Rem Tangan

Teknik terakhir yang perlu dikuasai untuk mengemudikan mobil manual di tanjakan adalah strategi rem tangan. Kamu perlu memposisikan kaki kiri di pedal kopling dan menginjaknya secara penuh. Sementar itu kaki kanan tetap siaga di pedal gas dan tangan kiri bersiap menarik rem tangan.

Baca juga: Layanan Home Service Honda Bintang Cimone

Sebelum berkendara ada baiknya anda mengecek kondisi kendaraan anda terlebih dahulu demi keaman dan kenyaman dalam perjalanan. Jika anda tidak sempat atau malas keluar rumah, Honda Bintang Cimone menyediakan layanan Home Service. Anda cukup di rumah saja biar teknisi kami yang bekerja.

Untuk informasi Booking Service dan layanan Service Home Visit, Silahkan menghubungi.
Ihsan
☎️ : 087887761712

Untuk informasi Body Repair dan layanan pickup Jabodetabek, Silahkan menghubungi.
Andika
☎️ : 085799246627

Untuk informasi pembelian mobil dan layanan trade in, Silahkan menghubungi.
Costumer Service
☎️ : 081319700400

Share This Entry

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on email