4 Tips Cara Mengurangi Emisi Gas Buang Kendaraan Bermotor

4 Tips Cara Mengurangi Emisi Gas Buang Kendaraan Bermotor

Honda Bintang – Pemerintah Provinsi DKI mulai memberlakukan kebijakan wajib uji emisi bagi setiap kendaraan yang akan bayar pajak. Kebijakan ini diambil dalam rangka untuk mengurangi tingkat polusi udara di ibu kota negara. Aturan ini diberlakukan bagi wajib pajak yang kendaraannya sudah memasuki 3 tahun masa pemakaian atau lebih.

Sesuai Peraturan Menteri No. 05 Tahun 2006 tentang Ambang Batas Emisi Gas Buang Kendaraan Bermotor Lama untuk mobil bensin produksi diatas tahun 2007, ambang batas emisi gas buang di Indonesia berpatokan pada parameter karbon monoksida (CO) 1,5 persen vol dan hidrokarbon (HC) 200 ppm vol. Sedangkan untuk tahun produksi dibawah tahun 2007, parameter CO 4,5 persen vol dan HC 1200 ppm vol.

Baca: Berlaku Akhir Tahun, Mobil Wajib Uji Emisi Saat Bayar Pajak

Untuk mendapatkan angka emisi gas buang yang sesuai standard, ada beberapa tips yang bisa dilakukan. Berikut beberapa tips mengurangi emisi gas buang kendaraan bermotor.

1. Gunakan Jenis BBM Sesuai Anjuran

Setiap mobil memiliki jenis dan spesifikasi mesin yang berbeda, sehingga berbeda pula jenis BBM yang digunakan. Pada mobil keluaran terbaru, pabrikan akan merekomendasikan penggunaan BBM RON 90. Anjuran ini dikeluarkan untuk menjaga performa mesin dan komponen lainnya tetap prima. Penggunaan BBM tidak sesuai spesifikasinya malah akan meninggalkan kerak di mesin dan meningkatkan emisi gas buang.

2. Jangan Sering Mengganti Jenis BBM

Sebaiknya selalu gunakan jenis BBM yang dianjurkan dan sesuai dengan spesifikasi mesin mobil. Kebiasaan mengganti jenis BBM yang digunakan oleh mobil hanya akan mempengaruhi kestabilan tekanan dalam mesin. Akibatnya, mobil akan jadi lebih boros bahan bakar dan gas buang yang dihasilkan juga meningkat.

Baca Juga: Segini Batas Aman Mobil Lewati Genangan Air

3. Cek Tekanan Ban

Meskipun tidak berpengaruh secara langsung terhadap sistem kerja mesin mobil, ban yang kekurangan tekanan akan membuat laju mobil tertahan. Sehingga diperlukan tenaga yang lebih besar untuk membuat mobil bergerak jika dibandingkan dalam keadaan normal. Tenaga yang lebih besar, menghasilkan gas buang yang lebih banyak.

4. Cek Sistem Pembakaran Mobil

Terakhir adalah rutin memeriksa sistem pembakaran pada mobil. Setiap komponen yag terdapat di dalam mobil memiliki jangka waktu pemakaian, sehingga perlu dilakukan pengecekan kelayakan setiap komponen. Pengecekan ini dapat dilakukan dengan rutin melakukan General Check Up atau Service Berkala sesuai petunjuk dan arahan dari dealer.

Itulah beberapa tips yang bisa dilakukan untuk mengurangi emisi gas buang kendaraan bermotor.

Baca: Kendaraan Dipinjam, Siapa yang Harus Bayar Denda Tilang Elektronik

Untuk informasi Booking Service dan layanan Service Home Visit, Silahkan menghubungi.
Ihsan
☎️ : 087887761712 

Untuk informasi Body Repair dan layanan pickup Jabodetabek, Silahkan menghubungi.
Andika
☎️ : 085799246627 

Untuk informasi pembelian mobil dan layanan trade in, Silahkan menghubungi.
Costumer Service
☎️ : 081319700400 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *