Tips Aman Berkendara Saat Hujan

Tips Aman Berkendara Saat Hujan

Honda Bintang – Berkendara dalam keadaan hujan bukan perkara yang mudah pengemudi dituntut untuk lebih berhati-hati kondisi jalan yang basah dan jarak pandang yang menurun seringkali menjadi penyebab utama kecelakaan lalu lintas di jalan. Belum lagi kondisi jalan yang sering kali rusak akibat hujan sangat membahayakan bagi pengendara jika tidak berhati-hati.

“Jalan licin, jalan rusak ditambah lagi visibilitas yang tak baik dari dalam kabin, wajib diperhatikan selain kondisi teknis di kendaraan. Maka dari itu kita harus menyiapkan kondisi berkendara terbaik di kendaraan kita sebelum berkendara di musim hujan,” ucap Vice President PT VKOOL Indo Lestari, Linda Widjaja, Rabu (3/11/2021).

Berikut tips aman mengendarai mobil saat musim hujan agar nyaman dan aman sampai tujuan:

Baca: AC mobil tidak dingin? simak penyebabnya

1. Pastikan Tekanan Ban Sesuai Dengan Anjuran Pabrikan

Tekanan angin pada ban saat berkendara sangat penting terlebih jika kondisi jalan itu basah dan licin. Jika tekanan angin pada ban kurang dari batas anjuran pabrikan menyebabkan konsumsi bahan bakar menjadi lebih boros, ban lebih mudah selip, pengeraman tidak maksiman saat jalan basah dan licin. Sebalikinya jika tekanan ban melebihi batas standar pabrikan mobil berpotensi kehilangan kendali saat kecepatan tinggi,  suspensi menjadi lebih keras, mobil menjadi kurnag stabil. Tentu hal ini akan sangat berbahaya bagi pengendara terlebih jika dalam keadaan muatan penuh. Dilansir dari berbagai sumber batas aman tekanan angin pada ban dibedakan berdasarkan jenis kendaraanya sebagai berikut:

  • Mobil MPV : (33-36) Psi;
  • Mobil City Car : (30 – 36) Psi;
  • Mobil Sedan : (30 – 33) Psi;
  • Mobil SUV : (35 – 40) Psi.

Jadi pastikan cek tekanan angin pada kendaraan anda secara berkala ya.

2. Periksa Kondisi Lampu Kendaraan Anda


Dalam kondisi hujan deras jarak pandang menjadi sangat terbatas dan membahayakan bagi pengendara. Saat hujan lampu kendaraan menjadi petunjuk bagi kita untuk mengetahui jarak berkendara.

Cara aman berkendara saat hujan adalah dengan cara memastika seluruh lampu kendaraan berfungsi baik seperti lampu utama (Head Lamp) jarak dekat ataupun jauh, lampu sign (tanda), lampu darurat dan lampu kabut (Fog Lamp).

Baca Juga: Promo Paket General Checkup

3. Jaga Jarak Kendaraan


Apabila anda kebetulan sedang berkendara saat malam hari ataupun hujan lebat penting untuk menjaga jarak aman kendaraan anda dengan yang lain. Hal ini bertujuan untuk memberikan waktu bagi kita dan pengendara lain untuk segera mengambil tindakan ketika terjadi insiden kecelakaan. Dilansir dari Kementrian Perhubungan jarak berkendara yang disarankan dalam keadaan hujan lebat ataupun malam hari antara 15-30 Meter dengan kecepatan 30 KM/Jam.

4. Hindari Berkendara Di Tepi Jalan


Saat musim hujan bagian tepi jalan akan mudah keropos dan rusak, ini tentu sangat membahayakan bagi pengendara. Tepi jalan yang rusak dan keropos dapat mengakibatkan ban mobil selip dan kehilangan daya cengkram, mobil akan mudah terperosok jika terdapat lubang di bagian tepi jalan. Maka dari itu penting untuk melihat marka jalan sebagai panduan berkendara saat hujan maupun saat malam agar tidak berkendara di tepi jalan.

Baca Juga: Teknik Pengereman Yang Aman Saat berkendara

5. Jangan Sampai Pandangan Terhalang


Tips terakhir berkendara saat hujan adalah jangan sampai pandangan terhalang. Selain faktor cuaca pemilihan penggunaan kaca film juga dapat mempengaruhi visibiltas berkendara. Penggunaan kaca film yang terlalu gelap tentu akan berdampak pada visibilitas berkendara, umumnya penggunaan kaca film untuk bagian depan adalah 30-40 %. Hal ini dimaksudkan agar visibiltas pengendara tidak terganggu dan tetap dapat melihat jarak dengan kendaraan di depannya.

Untuk informasi Booking Service dan layanan Service Home Visit, Silahkan menghubungi.
Ihsan
☎️ : 087887761712

Untuk informasi Body Repair dan layanan pickup Jabodetabek, Silahkan menghubungi.
Andika
☎️ : 085799246627

Untuk informasi pembelian mobil dan layanan trade in, Silahkan menghubungi.
Costumer Service
☎️ : 081319700400

Share This Entry

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on email