4 Masalah Mobil Saat Musim Hujan

4 Masalah Mobil Saat Musim Hujan

Honda Bintang – Memasuki puncak musim hujan, intensitasnya terus meningkat dari hari ke hari. Ini berarti, pemilik mobil harus meluangkan waktu ekstra untuk membersihkan dan melakukan perawatan pada mobil. Curah hujan tinggi dengan intensitas lebat dapat menimbulkan masalah jamur kaca mobil dan bodi berkarat, belum lagi ancaman masalah kelistrikan saat melewati genangan.

Berikut kami rangkum, beberapa masalah pada mobil yang timbul saat musim hujan dan cara penanganannya.

Baca: Tak Ingin Menguning, Lakukan Ini Bagi Pemilik Mobil Warna Putih

1. Interior Lembab

Saat musim hujan, ruang interior menjadi rawan lembab karena tetesan air yang terbawa saat memasuki mobil. Tetesan air yang terbawa saat memasuki mobil akan mengendap di karpet mobil dan menimbulkan bau tak sedap jika dibiarkan. Usahakan untuk selalu menjaga kebersihan interior mobil dengan rutin mengelap dashboard, menjemur atau mengeringkan karpet mobil dan bagian mobil yang berpotensi menyerap air.

2. Wiper Mobil Macet

Wiper mobil beguna untuk menyapu air hujan yang jatuh di bagian kaca depan mobil. Hal ini bertujuan agar jarak pandang pengemudi tidak terhalang oleh guyuran air hujan yang turun. Namun ada kalanya wiper mobil macet dan tak bisa bisa digunakan, hal ini disebabkan oleh tingkat elastisitas karet wiper sudah menurun. Selalu periksa tingkat elastisitas karet wiper sebelum bepergian, utamanya saat musim hujan.

Baca Juga: Mobil FWD atau RWD, Mana Yang Lebih Unggul?

3. Jamur Kaca

Sebenarnya air hujan mengandung sedikit asam dan kotoran yang melayang di udara, sehingga jika dibiarkan akan meninggalkan bekas noda dan jamur pada kaca dan bodi mobil. Pastikan untuk membilas mobil menggunakan air bersih setelah terkena air hujan dan hindari kegiatan mengeringkan mobil dengan kain sebelum dibilas air bersih.

Debu dan kotoran yang menempel pada bodi mobil malah akan menyebabkan baret halus jika tidak dibilas terlebih dahulu. Pastikan juga, selalu gunakan kain berbahan microfiber untuk mengelap bodi mobil.

4. Masalah Kelistrikan

Selalu perhitungkan ketinggian air yang akan dilewati, salah perhitungan malah akan membuat mobil mogok dan rusak. Batas aman ketinggian air yang bisa dilewati mobil adalah 30-50 cm, lebih dari itu air berpotensi terhisap intake dan masuk ke dalam kabin. Air yang masuk ke dalam kabin dikhawatirkan dapat merusak dan menyebabkan konsleting pada komponen listrik mobil.

Itu tadi beberapa masalah pada mobil yang timbul saat musim hujan dan cara penanganannya. Untuk informasi layanan emergency service dan home visit service, bisa langsung menghubungi hotline whatsapp kami.

Baca: Waspada Bahaya Aquaplaning, Simak Tips Berkendara Saat Hujan

Untuk informasi Booking Service dan layanan Service Home Visit, Silahkan menghubungi.
Ihsan
☎️ : 087887761712

Untuk informasi Body Repair dan layanan pickup Jabodetabek, Silahkan menghubungi.
Andika
☎️ : 085799246627 

Untuk informasi pembelian mobil dan layanan trade in, Silahkan menghubungi.
Costumer Service
☎️ : 081319700400

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *